Perbedaan Kerangka Kerja (Framework) Manajemen Layanan Sistem Informasi
Perbedaan Kerangka
Kerja (Framework) Manajemen Layanan Sistem Informasi
Dalam manajemen layanan
sistem informasi terdapat banyak framework, antara lain ITIL, COBIT, MOF,
ISO/IEC 2000, ASL, dan lain-lain, namun
pada kali ini saya akan membuat tabel perbedaan antara framework COBIT, ITIL dan
MOF saja. Dibawah ini dapat kita lihat perbandingan dari ke-3 framework
tersebut melalui tabel perbandingan.
Information
Technology Infrastructure Library (ITIL) Versi 3
|
Control Objectives for
Information and Related Technology (COBIT)
|
Microsoft
Operations Framework (MOF)
Versi
4.0
|
|
Function
|
Mapping
IT Service Level Management
|
Mapping
IT Process
|
Mapping
Infrastructure
|
Area
|
9 Process
|
4 Process dan 34 Domain
|
4 Process
|
Issue
(Penerbit)
|
OGC
(Office of Government Commerce) and Central Computer and Telecommunications
Agency (CCTA)
|
ISACA
(Information System Control Standard)
|
OGC
(Office of Government Commerce )
|
Implementation
|
Manage Service Level (kelola
layanan tingka)
|
Information System Audit
|
Service Management
|
Consultant
|
IT
Consulting Firm
|
IT
Consulting Firm dan Accounting Firm
|
IT
Consulting Firm
|
Standar
|
Melihat atur standar dari
layanan TI dasar
|
Melihat proses berbasis dan
resiko
|
Menggunakan model proaktif dan pros- uder standar untuk mendapatkan
efisie- nsi dan evektifitas
|
Kelebihan
|
1. Memberi deskripsi rinci
sejumlah praktik penting TI dan menyediakan daftar komprehensif tugas dan
prosedur yang didalamnya setiap organisasi dapat men- yesuaikan dengan kebutuhannya
sendiri
2. ITIL bukan merupakan standard
yang memberikan prescription tapi lebih kepada mereko-mendasikan, oleh
karena itu implemen- tasi antara satu organisasi dengan organisasi lain dapat
dipastikan terdapat per-bedaan. Dengan demi-kian kita tidak bisa membandingkan
/ melakukan benchmark secara pasti;
|
1.
Rahasia
2.
Proteksi
infor- masi yang sen- sitif dari akses tidak bertang- gung jawab
3.
Integritas
4.
Berhubungan
de- ngan penyediaan informasi sesuai untuk manaje- men
5.
Menjadi model tata kelola TI yang memberi- kan sebuah ara- han yang lengkap
mulai dari sistem mutu, perenca- naan, manajemen proyek, keama- nan, pengemba- ngan
dan penge-lolaan layanan
|
1.
Mengurangi
risiko dengan adanya ko- ordinasi antar tim
2.
Mengantisipasi & mengurangi dam- pak dari mitigasi.
3.
Dapat
mengenali dampak yang ter- jadi jika dikaji dengan kebijakan yang ada.
4.
Menemukan
ke- mungkinan perma-salahan integrasi sebelum produksi.
5.
Mencegah
masa- lah kinerja dengan meng-antisipasi thresholds.
6.
Efektif
beradaptasi dengan kebutuhan bisnis baru dan hemat biaya
|
Kelemahan
|
1.
Buku-buku
ITIL sulit terjangkau bagi peng- guna non komersial
2.
ITIL bersifat holistic yang mencakup se- mua
kerangka kerja untuk tatakelola TI
3.
Biaya
pelatihan atau sertifikasi ITIL ter- lalu tinggi.
4.
Versi
3 dari ITIL mencakup keseluru- han lifecycle sehi- ngga tidak mudah dimengerti,
dimana versi 2 dari ITIL hanya berfokus pada produksi dan support untuk
proses seder- hana sehingga lebih mudah untuk dimengerti.
|
1. COBIT hanya mem-berikan panduan
kendali dan tidak memberikan pan-duan implementasi operasional.
2.COBIT hanya ber-fokus pada
kendali dan pengukuran.
|
1.Penggunaan me- mory pada bebe- rapa
class pada framework belum optimal, sehingga menyebabkan aplikasi yang dibangun dengan menggunakan
.NET Framework mem-butuhkan memory yang cukup besar.
2. Aplikasi yang di- bangun
menggu- nakan framework lebih lambat jika dibandingkan de- ngan pemrog- ramman
native
|
Selanjutnya adalah gambar perbedaan siklus hidup antara framework ITIL, COBIT , dan MOF antara lain;
![]() |
http://andgaa.com/2013/11/siklus-hidup-itil-continual-service-improvement-csi/ |
![]() |
https://msdn.microsoft.com/en-us/library/ms865024(v=bts.10).aspx |
![]() |
https://mrahmankoj.wordpress.com/2008/12/ |
REFERENSI :
- Microsoft. 25 April 2008, diperbarui 10 Oktober 2008. Gambaran MOF. https://translate.googleusercontent.com/translate_c?depth=1&hl=id&prev=search&rurl=translate.google.com&sl=en&sp=nmt4&u=https://technet.microsoft.com/en-us/library/cc543224.aspx&usg=ALkJrhgMiXSoeHycxy0Rjqxa3xG-PGmUaA (diakses tanggal 8 Mei 2017)
- Bab1 Pendahuluan – Open Library Telkom University. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:w_vxISHgBO0J:https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/102595/bab1/assessment-dan-perancangan-itsm-domain-service-transition-berdasarkan-itil-v-2011-iso-20000-series-dan-iso-15504-series-untuk-meningkatkan-capability-level-dengan-pemanfaatan-tools-remedy-studi-kasus-pt-telkom-indonesia-tbk-.pdf+&cd=8&hl=id&ct=clnk&client=firefox-b-ab (diakses pada tanggal 8 Mei 2017)
- http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:-HqmoXAhQwAJ:ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2013/05/dani-mof1.pdf+&cd=1&hl=id&ct=clnk&client=firefox-b (diakses pada tanggal 10 Mei 2017)
- Comparison between COBIT, ITL, and ISO 27001. https://translate.google.com/translate?hl=id&sl=en&u=http://beefchunk.com/documentation/security-management/comparison_between_COBIT_ITIL_and_ISO_27001.pdf&prev=search(diakses pada tanggal 12 Mei 2017)
Slotty Gambling Resort & Casino - Hendon Mob
BalasHapusSlotty Gambling Resort & Casino · Slots, Table Games, 나주 출장샵 and 논산 출장안마 Poker. 광주광역 출장안마 · Live Dealer 여수 출장샵 games · 보령 출장샵 Live Casino · Keno · Blackjack.