ITIL FRAMEWORK
TUGAS SOFTSKKILL AUDIT TEKNO. SI
ITIL FRAMEWORK
Pentingnya
ITIL ( The IT Infrastructure Library)
ITIL
merupakan suatu framework pengelolaan layanan TI (IT Service Management – ITSM)
standar industri pada pengembangan industri perangkat lunak di dunia. ITIL juga
merupakan seperangkat praktek untuk manajemen layanan IT yang berpusat
pada menyelaraskan layanan IT dengan kebutuhan bisnis. ITIL menggambarkan
proses, prosedur, tugas dan daftar periksa yang dapat digunakan oleh sebuah
organisasi untuk membangun integrasi dengan strategi organisasi,
memberikan nilai, dan mempertahankan tingkat minimum kompetensi. Oleh
karena itu, hal ini dapat memungkinkan organisasi untuk menetapkan data pokok
yang dapat merencanakan, melaksanakan, dan mengukur, menunjukkan kepatuhan, dan
untuk mengukur peningkatan. ITIL dikembangkan oleh The Office of Government
Commerce (OGC)suatu badan dibawah pemerintah Inggris, yang bekerja sama dengan
The IT Service Management Forum (ITSMF) – suatu organisasi independen tentang
manajemen pelayanan TI – dan British Standard Institute (BSI) – suatu badan
penetapan standar pemerintah Inggris.
ITIL framework terdiri dari beberapa versi,
yaitu:
- IITIL v1
ITIL atau Information Technology Infrastructure
Library ( Pustaka Infrastruktur Teknologi Informasi), merupakan
gabungan atau sekumpulan konsep dan praktical dalam menjalankan pengelolaan
infrastruktur, pengembangan, serta operasional TI di suatu institusi.
Diciptakan akhir 1980-an oleh CCTA (Central Computer and Telecommunications
Agency), organisasi milik pemerintah Inggris yang bergerak di bidang
komputer dan telekomunikasi berupa kumpulan SOP (Standard Operating
Procedure). Dikenal sebagai ITIL versi 1.
- ITIL v2
Tahun 1999 diterbitkan ITIL versi 2. Secara
garis besar memandang perlunya keselarasan (alignment) antara proses
bisnis dengan IT.
- Service Support; Service Desk, Incident Management, Problem Management, Configuration Management, Change Management, Release Management.
- Service Delivery; Availability Management, Capacity Management, IT Service Continuity Management, Service Level Management, Financial Management for TI Services, Security Management.
- ITIL v3
Tahun 2007 telah
rilis ITIL versi 3. Dengan sudut pandang baru integrasi
antara bisnis dan layanan TI dalam sebuah daur hidup berulang. Versi ini
terdiri dari 5 proses besar yakni Service Strategy, Design,
Transition, Operation, dan Continual Service Improvement.
Manfaat ITIL
Dengan menyediakan pendekatan sistematis untuk manajemen
layanan TI, berbagai manfaat ITIL sebagai berikut:
- Mengurangi biaya.
- Peningkatan layanan TI melalui penggunaan proses-proses praktek terbaik yang telah terbukti meningkatkan kepuasan pelanggan melalui pendekatan yang lebih profesional untuk pelayanan standar dan pedoman.
- Meningkatkan produktivitas.
- Meningkatkan penggunaan keterampilan dan pengalaman.
- Meningkatkan penyampaian layanan pihak ketiga melalui spesifikasi ITIL atau ISO 20000 sebagai standar untuk pengiriman layanan pengadaan jasa.
- Meningkatkan waktu terhadap pasar, sehingga produk dan jasa baru dapat diciptakan.
- Meningkatkan ketersediaan layanan, untuk meningkatkan keuntungan bisnis.
- Penghematan keuangan melalui pengurangan pengerjaan ulang, waktu yang hilang, dan peningkatan penggunaan manajemen sumber daya.
Ada 3 alasan mengapa
memilih ITIL dibanding framework lain:
- ITIL tetap menyediakan referensi yang stabil pada organisasi; Fleksibilitas, elastisitas dan skalabilitas adalah hal penting bagi departemen IT. Dalam Menciptakan dan mempertahankan hal tersebut bergantung pada proses dan pemahaman yang jelas serta keakuratan mengenai konfigurasi IT. ITIL disempurnakan untuk membantu organisasi dalam sistem IT dan sebagai landasan yang kuat. Lingkungan yang stabil dapat memudahkan dalam mengatur service management.
- ITIL memberikan stabilitas dan garansi nilai yang dibutuhkan organisasi; Bisnis menghadapi tekanan yang lebih dalam mengelola kekonsistenan waktu, dan semua inovasi menjadi tidak begitu berarti jika bisnis kehilangan produktivitas karena masalah ketersediaan sistem. ITIL terus memberikan keandalan dan stabilitas yang dibutuhkan untuk memaksimalkan nilai bagi teknologi baru di dunia digital. Sementara itu, organisasi dalam perjalanan transformasi digital, harus multi-speed, multi-risk, multi-platform environments and architectures. ITIL, terus memberikan praktik terbaik untuk stabilitas dalam lingkungan yang berkembang dan heterogen.
- ITIL tetap menjadi acuan bagi organisasi untuk implementasi IT Service Management dan fokus pada penyelarasan layanan IT dengan kebutuhan pelanggan.; Jika kita menmakai ITIL, kita akan belajar bahwa banyak konten praktis yang dapat kita praktikkan.
Kesimpulan
ITIL adalah salah satu yang terbaik dalam bidang audit
layanan dan merupakan good practice. ITIL dapat menyediakan kerangka kerja bagi
tata kelola TI, “membungkus layanan”, dan berfokus pada pengukuran
terus-menerus serta perbaikan kualitas Layanan TI yang diberikan, baik dari
sisi bisnis dan perspektif pelanggan. ITIL juga banyak kegunaanya atau
manfaatnya bagi perusahaan maupun organisasi. ITIL terdiri dari tiga versi
yaitu ; ITIL v1, ITIL v2, dan ITIL v3. Alasan memilih Framework ITIL
dibandingkan yang lainnya adalah karena stabilitasnya, selalu fokus pada
pelayanan, dan menjadi referensi yang handal. ITIL berguna untuk pengembangan
industri dan kebutuhan bisnis.
Referensi :
https://itgid.org/3-alasan-mengapa-itil-masih-di-butuhkan-di-tahun-2018/
(16 Januari
2019 pukul 11.00 WIB)
http://sepatanpaper.blogspot.com/2012/09/implementasi-itil-sebuah-upaya.html (16 Januari 2019 pukul 12.00
WIB)
Komentar
Posting Komentar