Sejarah Teknologi Informasi, Perkembangan Komputer dan Pemanfaatan Teknologi Informasi serta perkembangan perangkat keras dan lunak


KATA PENGANTAR

 

Dengan mengucapkan puji syukur ke hadirat Allah SWT dan sungguh berkat limpahan rahmat -Nya  penulis dapat menyelesaikan artikel blog ini yang berjulul "Sejarah Teknologi Informasi, Perkembangan Kompuer dan Pemanfaatan Sistem Informasi" demi memenuhi tugas mata kuliah Inovasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Modern. Penyusunan artikel ini dapat terselesaikan berkat adanya bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis mengucapkan banyak terimakasih. Penulis menyadari bahwa dalam artikel ini masih banyak terdapat kekurangan, sehingga dengan segala kerendahan hati penulis mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun demi lebih baiknya kinerja penulis yang akan mendatang. Semoga artikel ini dapat memberikan tambahan ilmu pengetahuan dan informasi yang bermanfaat bagi semua pihak dikehidupan sehari-hari.
 
 
 Latar  Belakang
         Pada dasarnya manusia  adalah  makhluk sosial yang mana manusia itu saling membutuhkan satu sama lain dalam kehidupan untuk berkomunikasi agar dapat melakukan interaksi yang baik. Atas dasar tersebut, maka manusia menciptakan dan mencari suatu sistem dan alat yang bisa saling berinteraksi. Sampai akhirnya muncul istilah Teknologi Informasi atau Information Technology (IT). Informasi  kemudian terus berkembang mulai dari informasi sederhana seperti mengambarkan suatu keadaan dan  kebudayaan hingga pada informasi penting seperti kesehatan, strategi tempur, sampai dengan alat untuk menyampaikan informasi seperti komputer dan lain-lain. Oleh karena itu, sesuai penjelasan diatas maka penulis akan  membahas tentang "sejarah teknologi informasi  dan manfaatnya, perkembangan komputer, serta perkembangan perangkat keras dan lunak".

A.   SEJARAH TEKNOLOGI INFORMASI


      Seiring perkembangan sistem informasi pada peradaban kehidupan manusia membuat manusia mengenal istilah " Teknologi Informasi atau Information Technology (IT)".  Hal ini dikarenakan keinginan manusia untuk berkomunikasi semakin canggih atau kompleks maka peralatan teknologi yang dibutuhkan dan diciptakan akan sesuai dengan keinginan tersebut. Informasi yang dikelola dan disampaikan akan terus berkembang  mulai dari bentuk gambar yang tak bermakna pada dinding-dinding, prasasti-prasasti, sampai informasi yang biasa kita kenal dengan sebutan Internet.

1.     Masa Prasejarah
     Pada masa prasejarah atau zaman batu, manusia telah  mencoba menggunakan teknologi informasi  yang masih berupa gambar yang menceritakan pengalaman kegiatan berburu hingga  gambar binatang hasil buruan pada dinding-dinding gua. Pada zaman ini juga, manusia telah mampu menggunakan isyarat bunyi yang berupa degusan dan isyarat tangan untuk melakukan komunikasi dengan sesamanya. Mereka juga dapat menggunakan alat-alat yang menghasilkan bunyi isyarat, seperti genderang, terompet dari tanduk binatang, api dan asap untuk menyampaikan pesan jarak jauh.
Gambar 1.1 Pada zaman prasejarah, lukisan dapat dijadikan sumber informasi.




a.  Huruf Pictograf (3000 SM)
     Pada masa ini, bangsa Sumeria baru menggunakan simbol-simbol gambar yang dibentuk menjadi simbol atau huruf-huruf (pictograf) yang mewakili bunyi-bunyi yang berbeda (penyebutan). Huruf-huruf ini bila dirangkai akan menjadi suatu kalimat, kata dan bahasa.


Gambar 1.2 Contoh Pictograf.

b.  Huruf Hierogliph (2900 SM)
     Pada masa ini, huruf hierogliph  digunakan oleh bangsa Mesir Kuno, huruf hierogliph  yaitu ungkapan-ungkapan yang diwakili oleh bahasa simbol dan dari setiap simbol mempunyai arti yang berbeda, sehingga saat digabungkan menjadi satu mempunyai cara pengucapan yang berbeda. Dibandingkan dengan huruf pictograf yang digunakan olehh bangsa Sumeria, huruf hierogliph lebih modern.
Gambar 1.3 Contoh Hierogliph

c.   Periode 500 SM
     Pada masa ini, bangsa Mesir Kuno sudah mengenal cara membuat serat dari pohon papyrus yang tumbuh di sekitar sungai Nil. Serat papyrus dapat digunakan sebagai kertas. Kertas yang terbuat dari serat pohon papyrus menjadi media untuk menulis atau media untuk menyampaikan informasi yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya juga digunakan sebagai media informasi. Dengan cara melapisi, membasahi, dan mengeringkan, orang Mesir kuno mendapatkan permukaan yang baik untuk menulis.


 Gambar 1.4 Contoh Serat Payprus
 sumber: https://tikom2sobang.wordpress.com/topik/kelas-vii/sejarah-perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi/


2.      Masa Sejarah
     Pada masa ini, penemuan kertas (105 Masehi) oleh bangsa Cina menjadi suatu tanda perkembangan  bahasa tulisan dan asal mula kertas yang ada pada saat ini. Kertas ini terbuat dari serat bambu yang dihaluskan, lalu disaring,  setelah itu dicuci, kemudian diratakan dan dikeringkan. Oleh karena itu, munculah teknologi percetakan yang menggunakan blok kayu yang dilumuri oleh tinta dan dicapkan pada kertas atau yang kita kenal dengan sistem stempel/cap yang ada saat ini. Kertas merupakan faktor penting dalam perkembangan bahasa tulis.
 
Gambar 1.5 Contoh  Kertas Bangsa Cina

3.     Masa Modern 
        Masa Modern dimulai dari tahun 1400an Masehi sampai dengan sekarang, dibawah ini beberapa peristiwa penting yang berhubungan dengan perkembangan TI pada masa modern yaitu sebagai berikut :

 a).  Mesin Cetak (Tahun 1455)
      
Sumber:www.wikipedia.org/wiki/Johannes_Gutenberg
    Pada tahun 1455, Johann Guttenberg menciptakan sebuah mesin cetak pertama kali dengan menggunakan pelat huruf yang terbuat dari besi. Pelat tersebut juga dapat diganti dengan bingkai yang terbuat dari kayu. Diatas ini, Gambar 1.6  Johann Guttenberg.           

b).  Analytical Machine (Tahun 1830)

  Pada tahun 1830, Charles Babbage menciptakan mesin analitik  yang mampu meamasukkan data, mengolahnya, dan mengeluarkan bentuk output dalam sebuah kartu. Dengan menggunakan mesin ini  Agusta Lady Byron untuk pertama kalinya menulis sebuah program komputer yang pertama di dunia. Meskipun masih bersifat mekanis, mesin ini menjadi petunjuk terciptanya mesin digital setelah kurang lebih satu abad muncul komputer digital pertama yang disebut ENIAC I. 

Gambar 1.7 Charles Babbage  dan  Mesin Analtical-nya.

Sumber: upload.wikimedia.org

 c) Telegraf dan Kode Morse ( Tahun 1837)
      Pada tahun 1837,  diciptakanlah mesin telegraf dan kode morse oleh Samuel Morse bersama dua kawannya, yaitu Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone. Mereka berhasil mengirimkan berita melalui kabel dengan kode morse (denyut listrik) di antara dua tempat yang letaknya berjauhan. Penerimaan dan pengiriman dari informasi ini mampu untuk diterima dan dikirim pada saat yang hampir sama waktunya. Oleh karena itu, informasi ini memungkinkan dapat diterima dan dipergunakan secara luas oleh masyarakat tanpa batas jarak dan waktu.
 Gambar 1.8  Mesin Telegraf
Sumber: www.penemu.co/2011/09/penemu-telegraf-samuel-fb-morse.html
d). Film Pertama (Tahun 1861)
Sumber: liesa-yunita.blogspot.co.id/2011/02/sejarah-teknologi-informasi-dan_27.html
     Pada tahun 1861 film diciptakan.  Film merupakan alat komunikasi untuk mengungkapkan gagasan atau menyampaikan pesan kepada orang banyak yang berupa gambar bergerak yang dihubungkan kedalam suatu layar.  Diatas merupakan Gambar 1.9  Film Pertama
e). Pesawat Telepon dan Fotografi (1877)
Sumber: wikipedia.org/wiki/Eadweard_Muybridge
  Berdasar pada teknologi telegraf, pada tahun 1877, Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon yang dipergunakan secara global untuk pertama kali. Pada masa ini, ditemukan pula fotografi dengan kecepatan tinggi oleh Edward Maybridge. Disamping dan dibawah ini adalah Gambar 1.9 Edward Maybridge dan Alexander Graham Bell.
Sumber : www.voiceofjava.com/profil/alexander-graham-bell-penemu-telepon/1524

f) Pita Penyimpanan Magnetis (Tahun 1899)
    Pada tahun 1899, untuk pertama kali diciptakan sistem penyimpanan dalam tape (pita) magnetis yang terbuat dari pita plastik yang kuat yang disebut Mylar. Salah satu sisi pita tersebut dilapisi bahan magnetik sejenis iron oxide (oksida besi). Gambar 2.1 Pita Penyimpanan Magnetis.
 
Sumber: wikipedia.org/wiki/Perakam_pita

g). TV Tabung ( Tahun 1923)
   Pada tahun 1923, Zvorkyn menciptakan TV tabung pertama. Pada saat itu belum muncul teknologi transistor sehingga komponen elektronik yang digunakan masih berupa tabung vacum. Gambar 2.2 Zvorkyn
Sumber: Interligados.com

h). Media Penyimpanan Magnetic Tape ( Tahun 1940)
     Dimulainnya pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi pada masa Perang Duia II terjadi. Pengembangan ini bertujuan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen  militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape. Gambar 2.3  Media Penyimpanan Magnetic Tape
 
Sumber : akhmad46.blogstudent.mb.ipb.ac.id/2011/06/01/data-storage


 i). Hypertext (Tahun 1945)
     Vannevar Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan hypertext. Dengan pengkodean hypertext, dapat diciptakan halaman-halaman web yang digunakan dalam internet. Pada masa ini penggunaan hypertext sudah diberkembang seiring dengan perkembangan desain website yang saat ini berkembang. Gambar 2.4 Vannevar Bush
Sumber: www.britannica.com/biography/Vannevar-Bush
 


j). Komputer Digital Pertama (Tahun 1946)
    Pada tahun 1946, kurang lebih satu abad setelah terciptakanya analytical machine oleh Charles Babbage, diciptakan komputer digital pertama di dunia yang diberi nama ENIAC I. ENIAC I ini dikembangkan walaupun belum begitu banyak penggunanya, tetapi teknologi komputer digital sudah digunakan pada instansi-instansi tertentu.  Gambar 2.5 Charles Babbage.
 
Sumber:www.cs.uah.edu/~rcoleman/Common/History/History.html

k). Tansistor (Tahun 1948)
    Para peneliti di Bell Telephone mengembangkan transistor yang digunakan untuk mengganti tabung vakum yang sebelumnya telah digunakan. Selain bentuknya kecil, transistor hanya membutuhkan sumber daya listrik yang kecil dan tidak menimbulkan panas. Gambar 2.6 Transistor.
Sember: www.cs.uah.edu/~rcoleman/Common/History/History.html

i). Transistor Planar (Tahun 1957)
    Jean Hoerni mengembangkan komponen elektronik transistor planar. Teknologi ini memungkinkan pengembangan jutaan transistor dimasukan kedalam sebuah keping kecil kristal silicon. USSR (Uni Soviet) meluncurkan Sputnik sebagai satelit bumi buatan pertama yang bertugas sebagai mata-mata. Sebagai balasannya Amerika Serikat (USA) membentuk Advance Research Projects Agency (ARPA) di bawah wewenang Departemen Pertahanan Amerika untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam bidang militer. Gambar  2.7 Transistor Planar.
 
Sumber: sailsea.blogdetik.com/2009/09/30/tugas-konsep-ti

m). Jaringan Komputer Desentralisasi ( Tahun 1962)
       Rand Paul Barand dari perusahaan RAND, ditugaskan untuk mengembangkan suatu sistem jaringan desentralisasi atau terpusat yang mampu mengatur sistem pemboman dan peluncuran peluru kendali dalam perang nuklir.  Gambar 2.8 contoh sistem pengebomanya.

 
Sumber: slideplayer.info/slide/1960349/


n). Jaringan Komputer Pertama di AS ( Tahun 1969)
   Sistem jaringan yang pertama ARPANET dibentuk dengan menghubungkan empat titik (nodes), antara University of California, SRI (Stanford), University California of Santa Barbara, dan University of Utah dengan kekuatan 50Kbps. Gambar 2.9 Peta Logika ARPANET.
Sumber: wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer


o). Program E-mail (Tahun 1972)
Sumber:www.penemu.co/2015/06/penemu-email-ray-tomlinson.html
   Pada tahun 1972, Program E-mail pertama kali diciptakan oleh Ray Tomlinson yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pengiriman jarak jauh dengan menggunakan pesan teks atau surat secara elektronik lewat internet.  Gambar 3.1 Ray Tomlinson



p). Tahun 1973-1990
     Sebuah karya mengenai TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol) memperkenalkan Istilah internet.  Kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian dikenal dengan nama TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol) yang dikembangkan oleh grup dari DARPA. Pada tahun 1981 National Science Fondation mengembangkan Backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan. Kemudian pada tahun 1986 IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai sistem diantaranya:DARPA, ARPANET, DDN, dan Internet Gateway. Gambar 3.2 TCP/ IP.
Sumber: liesa-yunita.blogspot.co.id/2011/02/sejarah-teknologi-informasi-dan_27.html

q). Tahun 1991- Sekarang
    Pengembangan Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali diperkenalkan oleh Perusahaan CERN. Pada tahun 1992 pembentukan komunitas internet, diperkenalkan  dengan istilah World Wide Web (WWW) oleh Perusahaan CERN. Pada tahun 1993, NSF membentuk interNIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database oleh perusahaan AT&T, jasa registrasi atau pendaftaran oleh perusahaan Network Solution Inc, dan jasa informasi oleh perusahaan General Atomics/CERFnet. Pada tahun 1994 pertumbuhan internet mulai melaju dengan sangat cepat dan ke segala segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. Tahun 1995, perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di Backbone. Langkah ini memulai pengembangan teknologi informasi khususnya internet dan penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem yang baik dan alat yang lebih canggih.
    
            

B.   PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER
      Komputer sendiri diambil dari bahasa latin yang berarti menghitung  yaitu "Compurate". Komputer adalah peralatan yang bekerja dibawah pengendali program yang tersimpan secara otomatis menyimpan, menerima, dan memperoses data untuk menghasilkan informasi yang merupakan hasil dari pemrosesan. Oleh karena itu, komputer terus dikembangkan dari waktu kewaktu sebab penting pada setiap aspek kehidupan dalam masyarakat.
       Standartnya alat pengolahan data dapat digolongkan kedalam 4 (empat) golongan besar yaitu:
  1. Peralatan manual : peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan kerja dari manusia. Seperti; mesin tik, kalkulator dan lain-lain. 
  2. Peralatan Mekanik: peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual. 
  3. Peralatan Mekanik Elektronik : Peralatan mekanik yang digerakkan secara otomatis oleh motor elektronik. 
  4. Peralatan Elektronik : Peralatan yang bekerja secara elektronik.
Dibawah ini akan lebih dijelaskan secara singkat tentang sejarah komputer menurut alat pengolahan datanya.
#  Peralatan Manual (Tradisional), Mekanik, dan Mekanik Elektronik 

Gambar 3.3 Abacus                                               Gambar 3.4 Blaise Pascal
Sumber: weemade.com
Sumber : www.iep.utm.edu/pascal-b/



Gambar 3.5
 Gottfred Wilhem von Leibniz
Sumber: www.iep.utm.edu/leib-met/
        Kalkulator mekanik Abacus merupakan alat hitung tradisional  yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu. Alat ini dianggap sebagai awal mula mesin komputasi, alat ini juga dapat melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuah rak.   Para pedagang pasa masa itu menggunakan  Abacus untuk menghitung transaksi perdagangan, penjumlahan, pengurangan, dan perkalian. Namun seiring waktu Abacus mulai ditinggalkan karena munculnya pensil dan kertas. Sekitar 12 abad kemudian, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi.  Pada tahun 1642, seorang pemuda berumur 18 tahun bernama BLAISE PASCAL (1623-1662) menemukan kalkulator roda numerik ( Numerical Wheel Calculator) yang bernama  PASCALINE. Alat ini berbentuk kotak persegi yang terbuat dari kuningan dan memiliki delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan berbasis sepuluh. Namun alat ini masih memiliki kelemahan yaitu hanya bisa melakukan penjumlahan.  Seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Pada tahun 1694 Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan bilangan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya. Menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal. 

Sumber : 1000-women.com/pioneering 
   Disamping ini Gambar 3.6 Augusta Ada King. Asisten Charles Babbage yang bernama Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan sebuah mesin mekanik dengan menggunakan tenaga uap atau sering disebut dengan "Mesin Difference". Setelah 10 tahun  Charles Babbage mulai membuat komputer general-purpose yang disebut "Analytical Engine". Tidak lupa asisten babbage, yang bernama Augusta Ada King  membantu merivisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Analytical Engine kepada publik.   

Sumber: www.cs.uah.edu/~rcoleman/Common/History/History
 Disamping ini adalah Gambar 3.7 Ciptaan Charles Babbage dan Augusta Ada King.Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkan dirinya untuk membuat instruksi untuk dimasukkan ke dalam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama. Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat (USA) menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepada Augusta Ada King .  Pada masa berikutnya beberapa insinyur mulai membuat inovasi baru lainnya        

 Gambar 3.8 Herman Hollerith
 
Sumber: simplyknowledge.com/popular/invention_detail/history-of-computer
   Pada Tahun 1889, Herman Hollerith (1860-1929) menemukan cara cepat melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukan data sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik. Kartu tersebut dapat menyimpan sebanyak 80 variabel sehingga hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu 6 minggu. Kartu ini mempunyai kelebihan dalam  kecepatan dan sebagai media penyimpanan data. 
Gambar 3.9 Vannevar Bush
 
Sumber: www.britannica.com/biography/Vannevar-Bush
    Vannevar Bush (1890-1974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan tersebut. 
Gambar 4.1 John V. Atanasoff dan Clifford Berry
 
Sumber: www.cs.uah.edu/~rcoleman/Common/History/History.html
Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah. Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940.Tapi sayang proyek mereka harus terhentikan dikarenakan kehilangan sumber pendanaan.

#  Perkembangan Komputer Elektronik dari Generasi ke Generasi
    Perkembangan dari komputer ini ditandai dengan hadirnya komponen utama perangkat keras atau hardware yang digunakan di setiap generasi, yaitu tabung vakum, transistor, Integrated Circuit, microchip, dan Josephson Junction. Dibawah ini adalah tabel Perkembangan Komputer Setiap Generasi.
    

  • Komputer Generasi Pertama
Sejarah komputer generasi pertama mulai hadir pada tahun 1940 – 1956. Seorang insinyur Jerman bernama Konrad Zuse pada tahun 1941 membangun sebuah komputer Z3. Pada tahun 1943, Inggris membuat komputer untuk memecahkan kode rahasia yang dinamakan Colassus. ENIAC (Electronik Numerical Integrator and Computer) yang dibuat oleh pemerintah Amerika Serikat (USA) dan University of Pennsylvania yang dirancang oleh John Presper Eckert dan John W. Mauchy pada tahun 1946. John von Neuman(Tahun 1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania, membuat desain komputer EDVAC  (Electronic Discrete Variable Automatic). Komputer komersial pertama adalah UNIVAC I (Universal Automatic Computer) yang diciptakan oleh Remington Rand pada tahun 1951.  Komputer generasi pertama menggunakan tabung hampa udara (vacuum tubes) drengan silinder magnetik sebagai sirkuitnya. Tabung ini digunakan untuk memperkuat sinyal dengan mengendalikan gerakan elektron di ruang evakuasi dan untuk penyimpanan data dan instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk sebuah tugas khusus. Ukuran fisik komputer besar sehingga memerlukan ruangan yang luas serta memakai daya listrik yang besar. Komputer generasi pertama sangatlah sulit untuk dioperasikan dan berbiaya sangat mahal. Hanya dapat dikendalikan oleh bahasa mesin (machine language).
  • Komputer Generasi Kedua

Sejarah komputer generasi kedua mulai populer pada awal tahun 1960-an. Penggunaan tabung hampa (vacuum tubes) digantikan dengan transistor (komponen elektronik yang terbuat dari silikon) sehingga lebih menghemat tempat dan juga daya. Sejak generasi ini, mulai bermunculan berbagai bahasa pemrograman tingkat tinggi (High Level Language) yang lebih mudah dipahami manusia daripada bahasa mesin yang digunakan pada generasi sebelumnya. seperti COBOL (Common Business Oriented Language), FOTRAN (Formula Translator), LISP (List Processor), ALGOL (Algorithmic Language), dan BASIC (Beginners All-purpose Symbolic Instruction Code). Kapasitas memori utama sudah lumayan besar. Ukuran fisik komputernya pun lebih kecil dari komputer generasi pertama. Komputer generasi kedua ini sukses dalam berbagai bidang. Komputer generasi kedua diantaranya IBM 7070, IBM 7080, dan PDP DEC-8 (dinyatakan sebagai komputer mini atau minicomputer pertama pada tahun 1964.
Gambar 4.2 PDP DEC-8

  • Komputer Generasi Ketiga
Komputer generasi ketiga muncul pada periode 1965-1971 an. Pengembangan sirkuit terpadu adalah ciri khas dari generasi ketiga komputer. Transistor yang dianggap tidak efektif lagi membuat para ilmuan mencari alternatif lain dan kemudian di temukan pada batu kuarsa ( Quartz rock ). Pada tahun 1958, Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) yang merupakan sebuah inovasi yang dapat mendongkrak munculnya komputer generasi ketiga. Komputer mini ini mesinya dapat menjalankan berbagai macam program secara bersamaan dalam sebuah program yang terkoordinasi melalui induk memori kkomputer sehingga perangkat lunaknya mudah digunakan dan mampu melakukan kerja sangat cepat. Contoh komputer generasi ketiga ini antara lain; IBM S/360  yang dirancang untuk bisnis dan teknik, NCR Century, IBM 370, dan lainnya.
Gambar 4.3 IBM S/360
Sumber: www.cs.uah.edu/~rcoleman/Common/History/History
  • Komputer Generasi Keempat
Komputer generasi keempat  ini prosesor mikronya mulai diperkenalkan, saat ribuan sirkuit terpadu dimasukan ke dalam sebuah silikon chip yang kecil. Pada tahun 1971 Prosesor pertama Intel, 4004 chip mulai menjadi otak utama di sebuah komputer. saat periode inilah istilah Personal Computer (PC) mulai digunakan. Di generasi keempat mulai digunakannya LSI (Large Scale Intergartion) atau Bipolar Large Scale Integration. LSI merupakan kumpulan beribu-ribu IC (Integrated Circuit) dalam sebuah kepingan yang dinamakan chip. Kemudian dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration) yang mampu untuk menampung ratusan ribu IC. Pada generasi ini hampir sebagian besar komputer telah menggunakan sistem operasi dengan konsep GUI (Grapihical User Interface). Seperti sistem operasi Microsoft Windows ciptaan Microsoft Corp. Komputer generasi keempat yaitu; IBM 370, Apple I dan Apple II, PDP-II, VisiCalc, dan Altair.
Gambar 4.4 Apple II
Sumber: www.cs.uah.edu/~rcoleman/Common/History/History

  • Komputer Generasi Kelima 
Gambar 4.5 W. Bill Gates
Komputer ini sedang terus dikembangkan dan inilah generasi yang sedang kita lalui atau sering disebut generasi "Pentium". Konsep komputer generasi kelima memiliki kecerdasan buatan sehingga komputer akan memiliki logika seperti manusia, dan bisa terus belajar dari pengalaman. Pada akhir tahun 1980, IBM memutuskan membuat sebuah personal computer (PC) secara massal. Pada tanggal 1981, PC buatan IBM menjadi tolak ukur bagi komputer PC sampai saat ini dan dikenal sebagai nama standar IBM-PC. Oleh karena itu, IBM melakukan kerjasama dengan Microsoft untuk mengembangkan software di dalamnya. Tokoh yang menjadi pelapor software dan hardware standar pada Komputer generasi kelima adalah W. Bill Gates dari Amerika. Contoh teknologi yang sudah sering digunakan adalah teknologi pengenal suara. Penggunaan pemrosesan paralel dan super konduktor menjadi dasar dari kecerdasan buatan. Pada generasi kelima ini, telah dilakukan pengembangan lagi  dengan apa yang dinamakan Josephson Junction teknologi yang akan menggantikan chip yang mempunyai kemampuan memproses triliunan operasi per detik, sementara teknologi chip hanya mampu memproses miliyaran operasi per detik Komputer ini disebut Arificial Intelligence karena dapat menerjemahkan bahasa manusia sehingga  manusia dapat langsung berkomunikasi dengan komputer. Meskipun komputer pada generasi ini ukuran fisiknya menjadi lebih kecil dan sederhana namun memiliki kemampuan yang semakin canggih.
Gambar 4.6 IBM PC
Sumber: www.cs.uah.edu/~rcoleman/Common/History/History

C.    PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI
  
Perkembangan komputer yang sangat pesat menuntut para ahli mengembangkan teknologi informasi dengan cepat dan kreatif serta mengoptimalkan pelayanan berbagai macam aplikasi yang dibutuhkan user dalam berbagai bidang dan kebutuhan yang beragam. Oleh karena itu saya akan menjelaskan secara singkat beberapa manfaat aplikasi teknologi informasi bagi kehidupan manusia dari berbagai bidang :
  1.  Bidang Perbankan 
  • Sebagai sistem uang elektronik seperti e-banking, ATM, Kartu Kredit, Kartu Debet dan lain-lain.
  • Sebagai penyimpanan data.
  • Pemrosesan Transaksi secara online.
  • Pembayaran Tagihan secara online. dan lain-lain.
Gambar 4.7 e-banking
Sumber: eky-tugaskuliah.blogspot.co.id/2013/12/manfaat-teknologi-informasi-di-berbagai_15

      2.   Bidang Sains/ Penelitian
  • Untuk meramalkan Cuaca seperti pengambilan gambar awan.
  • Penelitian luar angkasa.
  • Penyelidikan tenaga nuklir dan pemrosesan.
  • Meluncurkan satelit  yang dapat kita pantau dari bumi dan lain-lain.
Gambar 4.8 Satelit

      3.   Bidang Komunikasi
  • Video Call
  • E-mail, Voice, HP dan lain-lain.
  • Modem sebagai alat sarana komunikasi komputer dengan internet dan lain-lain.
Gambar 4.9 Handphone 
Sumber: iconshots.com/tutorials/how-to-create-a-stylish-phone-in-illustrator


      4.   Bidang Transportasi
  • GPS untuk menentukan lokasi yang dituju.
  • Lampu merah untuk membantu mengarahkan lalu lintas.
  • Sistem navigasi kapal laut untuk menentukan arah dan tujuan kapal secara tepat. Dan lain-lain
Gambar 5.1 

      5.   Bidang Pemerintahan
  • e-government; sebagai teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan kerja sama  antara pemerintah dengan pihak lain .
  • pembuatan e-ktp.
Gambar 5.2

      6.   Bidang Pertanian
  • Untuk Pemupukan ladang; dengan menggunkakan pesawat terbang yang dilengkapi kamera sehingga dapat dianalisis keadaan tanah  untuk mengetahui kadar air dan mineral yang terkandung didalamnya. 
      7.   Bidang Kedokteran
  • Sistem CAT (Computerized Axial Tomography) digunakan untuk menganalisa organ tubuh manusia yang tidak bergerak dan melihat kelainan pada pasien yang terjadi secara visual dilayar komputer.
  • Sistem DSR (Dynamic Spatial Recontructor) untuk melihat organ yang bergerak. Sistem ini pemeriksaanya terpusat pada organ tertentu.
  • Sistem Komputer DNA; dapat mendiagnosa penyakit pasien dan menentukan obat yang dibutuhkan pasien.
  • Mempercepat proses uji laboratorium pasien.
  • Memantau kondisi pasien (suhu, tekanan darah pasien, denyut jantung, dan lain-lain)
  • Menyimpan riwayat penyakit dari pasien dan pengajian karyawan rumah sakit dan sebagainya.
Gambar 5.3

      8.   Bidang Industri/Manufaktur
  • CNC (Computer Numerical Contor) pengawasan numeric atau perhitungan 
  • CAM (Computer Aided Manufacture)     
  • CAD (Computer Aided Design) : merancang bentuk (desain) produk yang akan dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik      
  • mesin-mesin dalam industri garmen yang dilengkapi dengan kontrol komputer, seperti; melakukan pewarnaan, membuat border, dan lain-lain.
  • Penggunaan robot yang secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang dikontrol oleh komputer.
 Gambar 5.4
Sumber: eky-tugaskuliah.blogspot.co.id/2013/12/manfaat-teknologi-informasi-di-berbagai_15
      10. Bidang Pendidikan
  • CBE (Computer Based Education) digunakan sebagai alat pembelajaran.
  • CAI (Computer Assited Intruction) digunakan oleh pengajar untuk menyampaikan arahan pembelajaran.
  • Menyimpan data-data pendidik dan murid/ siswa/ mahasiswa.
  • Memberikan materi belajar dan soal-soal atau latihan.
Gambar 5.5
Sumber; manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/#/laman/daftar_satuan_pendidikan/3/026507

      11. Bidang Seni
  • Synthezier digunakan untuk membunyikan alat musik seperti bunyi gitar, piano dan lain-lain.
  • Sebagai proses penciptaan lagu.
Gambar 5.6
Sumber : en.audiofanzine.com/keyboard-amplifier/moog-music/ax-301-synthesizer-amplifier/medias/pictures/a.play,m.687260
      12. Bidang Bisnis
  • Mencari keuntungan yang diperoleh dari hasil transaksi, baik barang maupun jasa.
  • Memproses gaji dan data statistik.
 Gambar 5.7
Sumber: penyewaankomputerbandung.wordpress.com

      13. Bidang Teknik/Rekayasa
  • Untuk menciptakan aplikasi yang dapat digunakan untuk menggambar, merancang pola dan lain-lain. Seperti aplikasi; Auto Cad, Corell Draw, daan lain-lain.
Gambar 5.8
Sumber : eky-tugaskuliah.blogspot.co.id/2013/12/manfaat-teknologi-informasi-di-berbagai_15

      14. Bidang Pertahanan dan Keamanan.
  • Untuk simulasi perang dengan pesawat terbang,kapal laut dan lain-lain.
  • Pemasangan radar untuk memantau keamanan dan mendeteksi perlintasan luar;  agar dapat mengetahui yang masuk baik melalui darat, air maupun udara. 
Gambar 5.9
Sumber: jakartagreater.com/strategi-armada-perang-tni-al

      15. Bidang Ekonomi
  •  e- commerce ; sebagai teknologi informasi bagi para pelaku ekonomi, seperti informasi mengenai spesifikasi dan harga suatu produk yang dijual serta transaksi penjualannya.
Gambar 6.1
Sumber : eky-tugaskuliah.blogspot.co.id/2013/12/manfaat-teknologi-informasi-di-berbagai_15

      16. Bidang Entertaint
  • Untuk pembuatan periklanan, setting,animasi dan lain-lain
      17. Bidang Permainan 
  • Untuk games 3D dan dilengkapi audiovisual yang bagus dan memberikan special effect.
  • Untuk bermain game secara online maupun offline karena adanya kecanggihan teknologi.
Gambar 6.2


D.    PERKEMBANGAN HARDWARE DAN SOFTWARE

#  Pemahaman komponen Hardware
         Manusia menciptakan alat-alat untuk membantu mendapatkan informasi. Dibawah ini akan dijelaskan tentang bagian-bagian dari perangkat keras atau hardware.

    1. Input
Sumber: www.docfoc.com/materi-1-sejarah-ti-55c9d78ed8f84
Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer. Contoh perangkat input misalnya keyboard, mouse, scanner, dan sebagainya. Disamping ini merupakan Gambar 6.3 keyboard dan mouse. Keyboard merupakan alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU, biasanya terdiri atas rangkaian huruf, angka, dan tombol fungsi lainnya. Mouse merupakan alat bantu untuk memberikan perintah dalam memproses data atau mengedit data.

    2. Proses
Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data. Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor. CPU adalah alat yang berfungsi sebagai pemroses data.CPU berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data.
Gambar 6.4
Sumber: www.docfoc.com/materi-1-sejarah-ti-55c9d78ed8f84

    3. Kontrol
      Gambar 6.5

 Unit Kontrol adalah bagian dari CPU yang menyebabkan suatu hal terjadi.
- Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
- Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
- Melakukan operasi-operasi elementar atau micro-operation.
- Memberikan arahan atau kontrol terhadap operasi yang dilakukan dibagian ALU (Arithmetic Logical Unit) di dalam CPU tersebut.
- Menyimpan hasil proses ke memori utama.



    4. Penyimpanan
Gambar 6.6
Sumber: arifdba.blogspot.co.id/2013/07/storage-device-dan-contohnya.

Penyimpanan data dalam sebuah komputer merupakan fungsi storage devices. Alat tambahan (alat peripheral) yang mampu menyimpan dan menuliskan data dan program melalui media CD (Compact Disk). Alat ini didesain mampu menuliskan dan membaca data atau program melalui sistem optik. Media penyimpanan yang terbuat dari bahan plastik.Proses penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik. Floppy disk merupakan alat tambahan untuk menyimpan atau menuliskan ke dalam disket maupun sebaliknya, ukuran yang umum digunakan adalah ukuran 3,5 inchi.
Harddisk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk sangat cepat dari daya tampung dan kecepatan membaca data.Perlu kalian ketahui saat ini harddisk memang mutlak ada dalam setiap computer atau laptop sebagai penyimpan sistem operasi yang permanen.
    5. Output
Perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan, misalnya monitor dan printer. Monitor adalah alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedang diproses dalam CPU. Printer yaitu alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak, berupa teks maupun gambar/grafik.
  Gambar 6.7 Monitor dan printer



# Pemahaman Komponen Software

- Evolusi Software

  Berdasarkan perkembangannya perangkat lunak sampai dengan sekarang dibagi menjadi  beberapa era yaitu :

1. Era Pemula (Pioneer)

Bentuk software pada mulanya merupakan sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer. Cara untuk mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang dilubangi. Penggunaan komputer saat itu, masih dilakukan secara langsung dengan menggunakan program untuk sebuah mesin ysng memiliki tujuan tertentu. Pada era ini, software merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa print out. Proses yang dilakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang secara berurutan di proses.

 2. Era Stabil

Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan. Di era ini software mulai bergeser menjadi sebuah produk. Baris-baris perintah perangkat lunak yang di jalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah seperti banyak proses yang di lakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah software bisa menyelesaikan banyak kegiatan dari pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time). Pada era ini juga mulai dikenal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemrosesan) dengan data (yang di proses).

3.  Era Mikro

Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Software dapat di bedakan menjadi software sistem yang bertugas menangani internal dan software aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam software mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.

4. Era Modern

Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. Bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave, telah ditanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu.

Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di tunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar.

- Klarifikasi Software

   #  Perangkat lunak Sistem
  • Bahasa Pemrograman 
Bahasa pemrograman merupakan instruksi dan aturan dalam bentuk kode-kode yang diberikan pada komputer untuk melaksanakan suatu tugas. Manusia memberikan instruksi yang dimengerti oleh komputer melalui bahasa pemrograman, dan komputer akan menerjemahkannya. Bahasa Pemrogaman ini dibagi menjadi 3 yaitu:

1.  Low Level Language, merupakan bahasa tingkat rendah atau bahasa mesin. Contoh low level language adalah sebagai berikut. Machine code, merupakan kode yang disimpan dalam bentuk angka biner (0 dan 1) di mana angka biner tersebut berfungsi menyimpan instruksi yang diperlukan oleh mesin. Assembly code, merupakan kode untuk mempresentasikan machine code ke dalam komputer. Assembly code ini akan diubah menjadi machine code melalui bahasa assembler.

2. Middle Level Language, merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah. Contoh middle level language adalah bahasa C dan C++. Bahasa C dan C++ merupakan compiler untuk membuat aplikasi interfacing komputer maupun microcontroller.

3. High Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi di mana struktur maupun tata bahasa dalam penulisan program mudah dipahami oleh manusia. Contoh high level language adalah sebagai berikut : Visual Basic, Pascal, FORTRAN, COBOL, dan lain-lain.

  • Sitem Operasi / OS
Sistem Operasi merupakan software yang bertugas mengontrol dan melakukan manajemen perangkat keras / Hardware serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi. Komputer tidak dapat menjalankan software aplikasi jika tidak memiliki sistem operasi di dalamnya. Misalnya : Windows, Mac Os, BeOS, DOS, UNIX, Novell Netware yang menjalankan sistem operasi network berbasis DR-DOS, FreeBSE (SO turunan UNIX), atau Windows dengan aplikasi Citrix Metaframe. Secara global tugas-tugas dari sistem operasi atau OS adalah sebagai berikut : Mengatur User interface,  yaitu bagaimana antara komputer dan pengguna bisa saling berinteraksi. Mengoordinasikan perangkat keras / hardware denga perangkat lunak / software yang terdapat pada komputer Mengatur bagaimana perangkat lunak bisa masuk dalam memori. Mengatur cara penyimpanan dan pengambilan data pada media penyimpanan. Mengelola semua sumber daya sistem pada komputer dan lain-lain.  
  • Utility
    Utility adalah software yang berfungsi untuk menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dalam sistem komputer. Seperti membantu pengoperasian mesin dalam komputer di antaranya mempersiapkan pemakaian media disk, membuat duplikat (copy file), membuat atau menghapus proteksi (keamanan) suatu sistem software, memperbaiki bagian file pada disk yang rusak, menguji kebenaran kinerja dari komputer, dan lain-lain. Misalnya: WinRar, Scandisk, Disk Defragmenter, Norton Ghost, Tune Up Utilites, Advanced System Care, CC-Cleaner, dll.
  • Perangkat Lunak Aplikasi 
1.  Aplikasi Office  
        Gambar 6.9
Secara umum aplikasi office terbagi menjadi beberapa jenis menurut kegunaan dan fungsinya yakni: Perangkat lunak pengolah kata (Word Processor) yang digunakan untuk membuat dokumen berbentuk surat kabar, membuat label surat menjadikannya sebuah dokumen yang rapi dan tertata. Misalnya: Microsoft Word, OpenOffice Word, Google Doc dan lain lain. Perangkat lunak pembuat presentasi yang digunakan untuk memudahkan manusia untuk membuat sebuah presentasi yang menarik dengan mudah dan dapat menghasilkan sebuah presentasi dengan lebih cepat tanpa harus mengetahui bahasa pemrograman. Seperti : Microsoft Office Powerpoint, OpenOffice Presentation, Google Slide dll. Perangkat Lunak pengolah Spreadsheet yang digunakan untuk mengelola data yang kebanyakan datanya ditampilkan dalam kolom dan baris/Tabel dan memiliki alat yang dapat mempermudah perhitungan data dan juga penampilan data dalam penampilan statistik. Misalnya: Microsoft Excel, OpenOffice Spreadsheet, Google Sheet dan lain lain. Pada umumnya paketan perangkat lunak perkantoran memiliki tiga jenis perangkat lunak diatas untuk memenuhi kebutuhan proses pengolahan data yang biasanya banyak digunakan untuk kepentingan perkantoran. Namun ada juga beberapa tipe perangkat lunak berbeda yang juga terdapat pada beberapa paket perangkat lunak Office Suite seperti: Perangkat lunak pengolahan Database yang digunakan untuk aktifitas pengolah basis data relasional (RDBMS) seperti Microsoft Access. Aplikasi pembuat diagram yang digunakan untuk pembuatan diagram yang biasanya digunakan untuk proses Brainstorming seperti Microsoft Visio.
         2. Aplikasi Multimedia 
Merupakan komponen-komponen yang terdapat pada data processing    system berupa  program-program yang digunakan untuk mengontrol bekerjanya sistem komputer multimedia. Perangkat lunak multimedia dapat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :

a). Bahasa Pemrograman Multimedia; merupakan media (bahasa-bahasa) yang digunakan oleh programmer untuk menuliskan kumpulan-kumpulan instruksi dalam multimedia. Menurut tingkatannya bahasa pemrograman multimedia dibagi menjadi 2, yaitu :

– Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah (Contoh : Assembly)

– Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi (Contoh : C, C++, Maupun visual C++)
 b). Perangkat Lunak System Multimedia; terdiri dari sistem operasi dan program utility. Sistem operasi yang dimaksudkan adalah suatu system yang terdiri dari komponen-komponen software yang berfungsi untuk mengontrol seluruh kegiatan di dalam komputer. Beberapa system multimedia yang banyak digunakan, yaitu sebagai berikut : DOS (Disk Operating System), Windows 95 / 98 / 2000, Windows NT / XP,Linux.
c). Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia; merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengolah beberapa media maupun informasi seperti teks, image / gambar, audio grafik, video, dll. Dilihat dari fungsi perangkat lunak multimedia terdapat banyak sekali jenis dari aplikasi multimedia, untuk lebih jelasnya dapat dilihat seperti di bawah ini :

– Media Player

Merupakan jenis dari aplikasi multimedia yang digunakan untuk memutar informasi yang telah disimpan dalam bentuk audio ataupun video. Beberapa jenis dari aplikasi media player ini antara lain :
         Gambar 7.1


a. Windows Media Player, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Microsoft Corp.

b. Winamp, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Nullsoft Inc.

c. PowerDVD, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Cyberlink.

d. Musicmatch JukeBox, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Musicmatch Inc.

e. Real Player, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Real Network.

– Audio / Video Editor

Aplikasi ini dapat digunakan untuk berbagai macam fungsi yaitu: proses pemotongan, penggabungan, konversi, maupun manipulasi kualitas. Beberapa jenis dari aplikasi audio / video editor ini antara lain :
        Gambar 7.2

a. Adobe Premiere, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Adobe Systems.

b. Windows Movie Maker, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Microsoft

c. Pinnacle Studio, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Pinnacle Systems.

3. Aplikasi Internet


1. Aplikasi Web Browser

Web Browser adalah software yang berfungsi untuk menampilkan dan berinteraksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. Web merupakan kumpulan-kumpulan jaringan berisi dokumen teks dan multi media yang tersambung satu dengan yg lainya atau yang dikenal dengan  (WWW)


Software Web Browser
Gambar 7.3

a.) Mozzila FireFox oleh mozilla corporation, firefox adalah salah satu web browser open source yang dibangun dengan Gecko layout engine.

b.)  Internet Explorer (IE) Internet Explorer sebagai urutan pertama penggunaan browser yaitu 63,69% yang tercatat per Desember 2009.

c.)  Safari adalah browser web yang dikembangkan oleh Apple. Pertama kali dirilis sebagai beta pada 7 Januari 2003.

d.) Opera adalah Browser Web dan Internet Suite yang dikembangkan oleh Opera Software.

e.) Google Crome merupakan sebuah browser web yang dikembangkan oleh Google yang menggunakan WebKit layout engine and application framework

Search Engine.

  • Yahoo search
  • Google
  • MSN
  • Altavista
  • Bing

2. Aplikasi Opsional (Add On)
Aplikasi opsional berupa pilihan yang diterapkan kedalam aplikasi utamanya. Aplikasi-aplikasi opsional tersebut antara lain adalah sebagai berikut :  

a. Aplikasi Email

Email (Electronic mail) merupakan fasilitas yang digunakan untuk mengirim dan menerima surat melalui internet. Ada tiga jenis email yang dapat digunakan oleh pengguna, yaitu :  

  • Web Based Mail 
  • Pop Mail 
  • Email Forwarding 

b. Aplikasi Chatting
Gambar 7.4

Sumber: www.tabloidhp.net/aplikasi-chatting-android/
          
Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi sekarang ini membuat banyak orang semakin mudah dalam memiliki berbagai macam gadget canggih,  pada saat ini komunikasi sendiri tentunya dapat dilakukan menggunakan berbagai cara dan tidak harus selalu dengan mengirim pesan ataupun telepon saja. Seperti salah satunya adalah dengan menggunakan messenger atau yang lebih dikenal dengan sebutan chatting.


REFERENSI

  • Hery Nuryanto.Skom.2012.  Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi . Cet 1. Jakarta Timur : Balai Pustaka.
  • Y. Maryono. B. Patmi Istiana. Januari 2008.  Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 SMP Kelas VII. Cet 1. Bogor : Quadra-Yudhistira.
  • Edy Irwansyah dan Jurike V. Moniaga. Agustus 2014. Pengantar Teknologi Informasi. Cet 1. Yogyakarta:Deepublish.
  • http://www.docfoc.com/materi-1-sejarah-ti-55c9d78ed8f84 (diakses pada tanggal 27 September 2016) 
  • http://www.slbn-sragen.sch.id/2011/04/16/sejarah-perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi/ (diakses pada tanggal 29 September 2016)

Komentar

  1. @Merlina Frandez, makasih komentarnya, nice juga information tentang furniture sintesisnya

    BalasHapus

Posting Komentar