MAKALAH MANUSIA DAN CINTA KASIH

 KATA PENGANTAR


           Dengan mengucapkan puji syukur ke hadirat Allah SWT dan sungguh berkat limpahan rahmat -Nya  penulis dapat menyelesaikan artikel blog ini yang berjulul "Manusia dan Cinta Kasih" demi memenuhi tugas mata kuliah Ilmu Budaya Dasar. Penyusunan artikel ini dapat terselesaikan berkat adanya bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis mengucapkan banyak terimakasih. Penulis menyadari bahwa dalam artikel ini masih banyak terdapat kekurangan, sehingga dengan segala kerendahan hati penulis mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun demi lebih baiknya kinerja penulis yang akan mendatang. Semoga artikel ini dapat memberikan tambahan ilmu pengetahuan dan informasi yang bermanfaat bagi semua pihak dikehidupan sehari-hari.

LATAR BELAKANG

         Cinta merupakan landasan dalam kehidupan perkawinan, pembentukan keluarga dan pemeliharaan anak, hubungan erat dimasyarakat dan hubungan manusiawi yang akrab. Demikian pula cinta adalah pengikat kokoh antara manusia dengan Tuhannya sehingga manusia menyembah Tuhan dengan ikhlas, mengikuti perintah-Nya dan berpegangan teguh pada syariat-Nya.
          Dari jaman dulu sampai sekarang hakikat cinta kasih masih menjadi perbincangan yang tidak dibatasi secara jelas dan mempunyai makna atau arti yang luas. Walaupun, sulit juga untuk diungkapkan dan diingkari bahwa cinta juga salah satu kebutuhan hidup manusia yang memegang peranan cukup penting. Setiap manusia di muka bumi pasti pernah merasakan cinta. Cinta datang dengan bentuk yang berbeda-beda, entah itu cinta kepada negaranya, keluarganya bahkan kepada lawan jenis.

             Begitupun dengan kasih sering sekali kita terkecoh bahkan sulit untuk membedakan cinta dan kasih itu sendiri. Oleh karena itu, penulis sangat tertarik mengambil judul makalah Manusia dan Cinta Kasih, agar dapat membantu kita semua untuk lepas dari ketidak jelasan Cinta Kasih yang selalu menjadi bahan perenungan, diskusi, cerita yang tidak pernah ada akhirnya. 


Pengertian Cinta Kasih 

          Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia (KUBI) karya Wilfridus Josephus Sabarija Poerwadarminta (W.J.S. Poerwadarminta), Kata cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada), ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti cinta dan kasih hampir bersamaan, sehingga kata kasih memperkuat rasa cinta. Karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan. 
           Walaupun cinta kasih mengandung arti hampir bersamaan, namun terdapat perbedaan juga antara keduanya. Cinta lebih mengandung pengertian mendalamnya rasa, sedangkan kasih lebih keluarnya; dengan kata lain bersumber dari cinta yang mendalam inilah kasih dapat diwujudkan secara nyata.

          Menurut Erich Fromm dalam bukunya “The Art of Loving”, cinta itu memberi bukan menerima. Dan memberi merupakan ungkapan yang paling tinggi dari kemampuan. Yang paling penting dalam memberi ialah hal-hal yang sifatnya manusiawi, bukan materi. Cinta selalu menyatakan unsur-unsur dasar tertentu, yaitu : pengasuhan, tanggung jawab, perhatian, pengenalan.

          Menurut Dr. Sarlito W. Sarwono, cinta memiliki tiga unsur, yaitu :


  1. Keterikatan  adalah  adanya perasaaan untuk hanya bersama dia, segala sesuatunya untuk dia ataupun menjadi bagian utama dalam hidup anda, tidak mau pergi dengan orang lain kecuali dengan dia.
  2. Keintiman   adalah adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukkan bahwa antara anda dan dia sudah tidak ada jarak yang membatasi lagi.
  3. Kemesraan adalah adanya rasa ingin membelai atau dibelai dan ucapan-ucapan yang mengungkapkan rasa sayang, rasa kangen kalau jauh atau lama tidak bertemu, dan sebagainya.

          Menurut Dr. Abdullah Nasih Ulwan, dalam bukunya manajemen cinta. Cinta adalah perasaan jiwa dan gejolak hati yang mendorong seseorang untuk mencintai kekasihnya dengan penuh gairah, lembut dan kasih sayang. Cinta adalah fitrah manusia yang murni, yang tak dapat dipisahkan dengan kehidupannya. Ia selalu dibutuhkan, jika seseorang ingin menikmatinya dengan cara terhormat dan mulia, suci dan penuh taqwa, tentu ia akan memergunakan cinta itu untuk mencapai keinginannya yang suci dan mulia pula.

Unsur-Unsur Cinta Kasih 

          Banyak bentuk cinta di dunia ini. Akan tetapi, dari berbagai bentuk cinta yang ada di seluruh belahan dunia memiliki persamaan. Persamaan ini adalah unsur-unsur dari cinta, diantaranya: Simpati, emosi dan saling melengkapi.

          Ketiga unsur tersebut kerap dijumpai di setiap insan yang tengah merasakan cinta. Rasa simpati akan memunculkan sikap pengertian dan perhatian. Emosi akan membuahkan pengorbanan, tanggung jawab dan saling melengkapi. Dan rasa saling melengkapi akan membuat cinta menjadi sempurna. 

KEMESRAAN  

        Kemesraan berasal dari kata dasar mesra, yang artinya perasaan simpati yang akrab.kemesraan ialah hubungan yang akrab baik antara pria dan wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga.
         Kemesraan pada dasarnya merupakan perwujudan kasih sayang yang mendalam. Filusuf Rusia dalam bukunya makna kasih mengatakan “jika seorang pemuda jatuh cinta pada seorang gadis secara serius, ia terlempar keluar dari cinta diri, Ia mulai hidup untuk orang lain”


PEMUJAAN

       Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada Tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual. Kecintaan manusia kepada Tuhan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.Hal ini ialah karena pemujaan kepada Tuhan adalah inti , nilai dan makna kehidupan yang sebenarnya.
       Tuhan adalah pencipta, tetapi Tuhan juga penghancur segalanya, bila manusia mengabaikan segala perintahNya. Karena itu ketakutan manusia selalu mendampingi hidupnya dan untuk menghilangkan ketakutan itu manusia memujaNya.

 

3 Tingkatan Cinta 
  • Cinta tingkat tertinggi adalah cinta kepada Allah, Rasulullah, dan berjihad dijalan Allah.
  • Cinta tingkat menengah adalah cinta kepada orang tua, anak, saudara, suami / istri dan kerabat.
  • Cinta tingkat terendah adalah cinta yang lebih mengutamakan cinta keluarga, kerabat, harta, dan tempat tinggal.
 
Jenis – Jenis Cinta Kasih
          Dari berbagai bentuk cinta, secara garis besar, objek yang dicintainya sama. Maka dari itu, cinta dikelompokkan menjadi tiga tingkat, yaitu:

1. Cinta tingkat tertinggi (Cinta kepada Tuhan)

2. Cinta tingkat menengah (Cinta manusia lain)

          a. Cinta Philia (Cinta orang tua, persaudaraan, dan teman)

          b. Cinta Eros (Menekankan aspek ragawi)

          c. Cinta Amor (Menekankan aspek psikologis dan emosi)

3. Cinta tingkat terendah (Cinta kepada lingkungan)



          Ketiga tingkatan cinta tersebut tentulah pernah atau sedang dirasakan oleh seluruh manusia di berbagai belahan dunia. Terkadang hanya dengan rasa cinta manusia dapat bertahan hidup bahkan disembuhkan dari penyakit.

          Cinta bisa datang kepada siapapun, dimanapun dan kapanpun. Cinta dapat menyemangati orang lain. Cinta dapat membuat hidup lebih berwarna. Itulah keajaiban yang diberikan oleh cinta. Namun, jika tidak bisa mawas diri cinta dapat menimbulkan masalah.


Contoh Cinta Kasih 

1. Cinta Kepada Sang Pencipta 

          Pengabdian, pemujaan dari manusia yang disertai dengan kepasrahan kepada Tuhan Yang Maha Esa.



2. Cinta Kepada Manusia Lain 

A. Cinta Philia (Cinta kepada orang tua, anak dan saudara)

          Contoh dari cinta ini bisa kita ambil dari lagu Melly Goeslaw yang berjudul “Bunda”. Bahwa cinta seseorang atau seorang anak tidak akan pernah berakhir.



B. Cinta Eros (Cinta yang menekankan aspek ragawi)

          Cinta ini biasanya kerap dijumpai pada remaja, khususnya siswa SMP. Jenis cinta ini hanya melihat dari penampilan fisiknya saja. Jenis cinta ini bisa timbul dikarenakan rasa kagum. Jenis cinta ini terkadang disebut juga “cinta monyet”.



C. Cinta Amor (Cinta yang menekankan aspek psikologis dan emosi)

          Contoh dari cinta ini adalah kisah Romeo dan Juliet, kisah ini menjadi ikon bagi pasangan yang mencintai kekasihnya dengan perasaan yang sangat dalam hingga ia rela berkorban dan melakukan apapun demi tetap bersama pasangannya.

          Dikisahkan dari kota Verona Italy. Terdapat dua keluarga superpower yang saling bermusuhan sejak lama yaitu keluarga Montague dan keluarga capulet. Awalnya romeo yang berasal dari keluarga montague jatuh cinta pada Rosaline dari keluarga capulet.

          Suatu hari tuan besar capulet ayah dari Juliet mengadakan pesta besar dan mengundang semua rekan bisnis serta teman-temannya. Keluarga montague tentu saja tidak diundang namun Romeo nekat menghadiri pesta itu karena ingin bertemu dengan Rosaline. Dengan kecedasannya diapun sukses menyamar dan menyelinap kepesta tersebut.

          Namun begitu sampai ditengah pesta, perhatian Romeo justru tertuju pada pesona Juliet bukannya Rosaline yang mulanya begitu dicintainya, Romeo pun langsung jatuh hati. Ditengah masa mereka berdua saling menyukai satu sama lain, mereka harus menelan kekecewaan karena keluarga mereka saling bermusuhan.

          Meski demikian sepasang remaja itu tidak ingin menyerah dengan permusuhan keluarga yang mereka hadapi, mereka berusaha menyatukan diri ditengah ancaman dan kekerasan dari keluarga masing-masing. Dengan bantuan teman Romeo yang bernama Pastor Lawrence mereka mampu menikah secara diam-diam. Sayangnya ditengah kebahagiaan itu seorang teman Romeo meninggal ditangan teman Juliet, Tlybalt. Romeo awalnya tidak menyimpan dendam pada keluarga capulet akhirnya membalas dendam dengan membunuh Tlybalt.

          Kejadian itu tentu saja memperbesar permusuhan antara keluarga montague dengan Keluarga capulet. Ayah Juliet yang tidak mengetahui pernikahan putrinya memutuskan menikahkan Juliet dengan seorang pemuda bernama Paris. Cinta yang ditentang membuat Juliet putus asa, diapun berkonsultasi dan membuat rencana dengan Pastor Lawrence. Pastor Lawrence menyarankan agar Juliet pura-pura menyetujui pernikahan yang diatur ayahnya, namun ketika pagi menjelang dia harus meminum ramuan yang akan membuatnya tampak seperti sudah meninggal. Setelah itu dia akan dimasukkan ke dalam lemai besi penguburan Capulet, kemudian pastor akan menyuruh Romeo untuk datang meyelamatkan Juliet.

           Ironisnya sebelum rencana ini sampai ditelinga Romeo, ia telah mengetahui berita kematian istrinya tersebut dari orang lain. Dengan hati hancur Romeo pun pergi untuk melihat Juliet yang terakhir kalinya. Namun ketika sampai disana ia dihadang oleh Paris yang dengan sekejap Romeo membunuhnya. Tak ada yang bisa menghentikannya untuk bersatu dengan Juliet. Disamping tubuh juliet ia menelan racun yang telah dibelinya lalu meninggal seketika. Namun beberapa waktu kemudian Juliet terbangun dengan sebuah harapan kosong. Dia justru melihat tubuh suaminya yang tak bernyawa lagi, merasa tak punya alasan untuk hidup lagi Juliet mengambil belati Romeo dan membunuh dirinya dengan benda tersebut.



3. Cinta Kepada Lingkungan

          Menjaga/melestarikan lingkungan untuk menciptakan keserasian, keselarasan, keseimbangan dengan alam/lingkungan sehingga dapat dicapai kehidupan yang menyenangkan bahagia atau pun sentosa. Dari berbagai contoh di atas dapat dilihat bahwa cinta dapat datang pada siapa saja, dimana saja, kapan saja dan apa saja yang dicintainya. Cinta sendiri datangnya dari hati. Cinta bisa berawal dari kekaguman seseorang atau pandangan pertama. Cinta bisa berbuah manis atau pun bisa berakhir tragis seperti kisah Romeo dan Juliet. Cinta dapat memberikan segala sesuatu yang belum pernah kita miliki. 

 

CINTA KASIH EROTIS 

Cinta kasih kesaudaraan merupakan cinta kasih antara orang-orang yang sama-sama sebanding, sedangkan cinta kasih ibu merupakan cinta kasih terhadap orang-orang yang lemah tanpa daya. Walaupun terdapat perbedaan besar antara kedua jenis tersebut, Kedua duanya mempunyai kesamaan bahwa pada hakekatnya cinta kasih tidak terbatas kepada seseorang saja. Berlawan dengan kedua jenis cinta kasih tersebut ialah cinta kasih erotis, yaitu kehausan akan penyatuan akan penyatuan yang sempurna, akan penyatuan dengan seseorang.


 

KESIMPULAN


          Manusia adalah makhluk yang sempurna yang diciptakan Tuhan di dunia ini. Mereka diberi akal, perasaan, serta budi pekerti. Cinta kasih termasuk di dalamnya. Setiap orang yang hidup di dunia ini pasti memiliki rasa cinta kasih. Cinta memang sesuatu yang indah dan mulia. Cinta khususnya antara dua pasang kekasih, terutama bila terjadi di antara dua remaja, kaum muda, maka seolah-olah dunia ini hanya mereka berdualah yang ada dan yang memilikinya. Indah dan mulia tetapi sering juga berakhir tragis. Banyak sekali kasus-kasus yang buruk yang hanya dikarenakan oleh masalah cinta. Di kehidupan nyata atau bahkan dalam Kisah "Romeo dan Juliet ", dan di Indonesia Kisah Roro mendut-Pronocitro  merupakah salah satu kisah cinta yang berakhir tragis. Cinta terdapat banyak keajaiban, keceriaan, maupun kesedihan, dibalik semua itu terdapat sebuah pelajaran dan pengalaman yang tidak terbayarkan. Pengalaman cinta dan perasaan adalah spesial. Tidak peduli sesederhana apapun itu, sepanjang dibungkus dengan pemahaman-pemahaman yang baik. Bahwa sesungguhnya cinta itu hanyalah sebuah kata-kata, sampai seseorang atau sesuatu memberikannya arti.  



REFERENSI

  • Widyo Nugroho dan Achmad Muchji. 1996.  Ilmu Budaya Dasar. Rev ed. Cet 5. Jakarta: Gunadarma.
  • http://maria_c.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/38944/ibd+4.ppt  (diakses pada tanggal 21 juni 2016)
 

Komentar