TREND SI/TI MASA DEPAN DAN TREND SI/TI DALAM BIDANG BISNIS



TREND SI / TI MASA DEPAN

Trend yang dominan dalam Sistem Informasi : 
  • Inisiatif dan penanggung jawab tidak lagi dilakukan hanya oleh CIO (Chief Information Officer) sendiri, tapi juga oleh Executive Board;  
  • Pergeseran peran IS Department dari sebagai Application delivery menjadi System integration dan pengembang infrastruktur; 
  • Perkembangan internet dan intranet menghasilkan world wide connectivity dan memungkinkan adanya common user interface untuk semua system.

EKONOMI API (Application Programming Interface) 


    API adalah gabungan perintah, fungsi, komponen, dan protokol yang dapat dipakai oleh programmer saat membuat software untuk OS (Operation System) tertentu. API membolehkan programmer untuk menggunakan fungsi standar sehingga aplikasi-aplikasi saling berinteraksi  dengan system operasi tanpa ada campur tangan pengguna, seperti system manajemen database (DBMS) atau komunikasi protocol. API diterapkan dengan menulis fungsi panggilan atau sintaks dalam program, yang menyediakan fasilitas yang diperlukan untuk meminta layanan program.

Keuntungan  menggunakan API adalah:
  • Portabilitas. Programmer yang memanfaatkan API dapat menjalankan programnya dalam sistem operasi mana saja kalau sudah terinstall API-nya. Sedangkan system call berbeda antar sistem operasi, dengan catatan dalam penerapannya mungkin saja berbeda.  
  • Lebih Mudah Dimengerti. API menggunakan bahasa yang lebih tersusun/terstruktur dan mudah dimengerti daripada bahasa system call.


Teknik Memakai API 
  • Dilakukan dengan mengimpor package/kelas import java.until.Stack;  
  • Ada beberapa kelas bernama sama dipackage yang berbeda, yaitu import salah satu dan menggunakan nama lengkap untuk yang lain  atau menggunakan nama lengkap semua kelas.
PEMASARAN DIMENSI
       Agar mengerti tentang sistem informasi, kita harus mengetahui organisasi, manajemen, dan dimensi teknologi informasi dari sistem lebih besar dan kekuasaannya untuk memberikan penyelesaian terhadap tantangan dan masalah dalam area bisnis.  Dilihat pemahaman yang lebih luas tentang sistem informasi, yang meliputi pemahaman tentang dimensi manajemen dan organisasi dari sistem serta dimensi sistem teknis, sebagai literasi sistem informasi. Literasi komputer, sebaliknya berpusat pada pengetahuan tentang teknologi informasi.

Dimensi Lingkungan Teknologi
Salah satu kekuatan yang paling dramatis dalam membentuk hidup manusia adalah teknologi. Teknologi telah menghasilkan berbagai macam manfaat bagi manusia. Dalam hal ini para pemasar harus memperhatikan trend-trend teknolgi berikut ini ; 
  • Langkah perubahan teknologi yang semakin cepat Banyak produk yang dianggap biasa saat ini tidak ada dalam 30 tahun yang lalu. Sebagai contoh John F. Kennedy tidak mengenal komputer. Banyak gagasan yang sedang diwujudkan, tenggang waktu antara ide baru dan keberhasilan implementasinya semakin pendek dan waktu antara pengenalan dan puncak produksi menjadi sangat singkat. 
  •  Peluang inovasi yang tidak terbatas Saat ini ilmuwan sedang bekerja untuk menghasilkan beragam jenis teknologi baru yang akan merombak produk dan proses produksi. Beberapa pekerjaan yang paling menggairahkan dilakukan dalam bidang bio-teknologi, elektronik solid-state, dan material science. Tantangan dalam tiap-tiap bidang tersebut tidak hanya bersifat teknis melainkan juga komersial seperti mengembangkan versi yang terjangkau dari produk-produk tersebut.   
  • Anggaran litbang yang beragam Saat ini negara maju seperti Amerika Serikat mengungguli dunia dalam pengeluaran litbang tahunan ($ 74 milyar), namun sekitar 60% dari dana tersebut masih disisihkan untuk pertahanan keamanan. Terdapat kebutuhan untuk mengalihkan lebih banyak dana pada material science, bio-teknologi, dan mekanika mikro. Sekarang Jepang semakin cepat meningkatkan pengeluarannya disbanding Amerika Serikat dan kini membelanjakan $ 30 milyar setahun, terutama untuk riset fisika, bio-fisika, dan ilmu komputer yang tidak berhubungan dengan pertahanan keamanan.
  • Peraturan yang meningkat atas perubahan teknologi Saat produk menjadi rumit, masyarakat perlu mendapat keyakinan atas keamanan produk tersebut. Akibatnya, kekuasaan badan-badan pemerintah telah diperluas untuk menginvestasikan dan melarang produk yang kemungkinan besar tidak aman. Peraturan keselamatan dan kesehatan juga ditingkatkan dalam bidang makanan, otomotif, pakaian, elektronik, dan konstruksi. Pemasar harus memperhatikan peraturan-peraturan ini saat mengusulkan, mengembangkan, dan meluncurkan produk baru.

ROBOT  MANUSIA (ROBOT HUMANOID)


     Robot adalah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik ada yang menggunakan pengawasan dan kontrol manusia atau progam yang telah di buat dahulu atau biasa disebut dengan kecerdasan buatan. Robot humanoid adalah robot yang berpenampilan keseluruhannya mirip  tubuh manusia, dan robot ini mampu melakukan interaksi dengan peralatan maupun lingkungan yang dibuat untuk manusia. Secara standar robot humanoid mempunyai tubuh dengan kepala, dua buah lengan dan dua kaki, walaupun ada pula beberapa bentuk robot humanoid yang hanya berupa sebagian dari tubuh manusia, misalnya dari pinggang ke atas. Beberapa robot humanoid ada yang memiliki wajah, lengkap dengan mata dan mulutAndroid merupakan robot humanoid yang dibangun untuk secara estetika menyerupai manusia. Tujuan dibuatnya robot humanoid yaitu digunakan sebagai alat riset pada beberapa area ilmu pengetahuan. Periset sendiri harus mengetahui struktur dan perilaku tubuh manusia (biomekanik) agar ia dapat membangun dan mempelajari robot humanoid. Di sisi lain, upaya mensimulasikan tubuh manusia mengarahkan pada pemahaman yang lebih baik mengenai hal tersebut. Kognisi manusia adalah bidang studi yang berfokus kepada bagaimana manusia belajar melalui informasi sensori dalam rangka memperoleh keterampilan persepsi dan motorik. Pengetahuan ini digunakan untuk mengembangkan model komputasi dari perilaku manusia dan hal ini telah berkembang terus sepanjang waktu. 
     Sensor merupakan alat yang dapat mengukur beberapa atribut dan merupakan salah satu dari tiga primitif dari robotika (disamping perencanaan dan pengendalian). Penginderaan memainkan peranan penting dalam paradigma robotika. Sensor dapat dikategorikan berdasarkan proses fisik dengan apa yang mereka kerjakan atau berdasarkan kepada jenis informasi pengukuran yang mereka berikan sebagai keluaran. Dalam kasus ini, pendekatan kedua yang dipergunakan.
     Aktuator merupakan motor yang bertanggungjawab untuk gerakan pada robot. Robot humanoid dibangun  agar mereka mirip dengan tubuh manusia, maka mereka juga mempergunakan aktuator yang berlaku seperti otot dan sendi, walaupun dengan struktur yang berbeda. Supaya dapat mencapai efek yang sama dengan gerakan manusiarobot humanoid menggunakan aktuator rotari. Mereka dapat berbentuk elektrik, pneumatik, hidraulik, piezoelektrik, atau ultrasonik.

PEKERJA TEKNOLOGI INFORMASI BAGI MASA
Berdasarkan situs Business Insider dan CareerCast,  dalam menganalisa seberapa cepat jenis-jenis pekerjaan dibidang teknologi akan berkembang dan memprediksi pekerjaan sejenis yang terkait. Dibawah ini merupakan enam pekerjaan di bidang teknologi yang dibutuhkan di masa depan, sebagai berikut.
  1. Web Developers : diperediksi meningkat 27% setiap tahunGaji pertahun: US$64.970 (data 2016 di AS) Web developers memang bukan yang paling tinggi bayarannya. Tapi, pekerjaan ini paling banyak dibutuhkan di dunia kerja. Hampir semua perusahaan baik start up ataupun tipe korporasi, semua mempunyai demand tinggi terhadap web developers. Hampir semua bidang menggunakan website untuk aktifitas bisnis mereka.  
  2. Analis Sistem Komputer  : diperediksi meningkat 21% setiap tahun Gaji pertahun: US$85.800 (data 2016 di AS) Selama seseorang bekerja menggunakan komputer dan membuat program, harus ada seorang ahli yang bekerja untuk menganalisa permasalahan dari pembuatan program tersebut agar bisa menghasilkan pekerjaan yang lebih efektif agak . Oleh karena itu sistem analis banyak dibutuhkan.  
  3. Analis Keamanan Informasi: diperediksi meningkat 18% setiap tahun Gaji pertahun: US$90.120 (data 2016 di AS) Karena penggunaan komputer, alat-alat teknologi dan penyimpanan data semakin banyak serta penting, maka perusahaan bakal butuh analis keamanan dari sistem informasi milik perusahaan supaya data-data tetap aman. Biasanya, pemerintah dari suatu negara dan perusahaan multinasional punya demand paling tinggi di bidang ini. 
  4. Developer Software, Aplikasi ‍: diperediksi meningkat 17% setiap tahun Gaji pertahun: US$100.690 (data 2016 di AS) Keahlian ini dibutuhkan di perusahaan apapun. Dari perusahaan yang high-tech sampe perusahaan yang punya sistem sederhana. Pengembang aplikasi dikhususkan untuk mengatur software yang disesuaikan sama kebutuhan perusahaan.  
  5. Data Scientist : diperediksi meningkat 16% setiap tahun Gaji pertahun: US$128.240 (data 2016 di AS) “In God we trust, others must bring data” adalah salah satu quote favorit saya. Intinya, kita cuma boleh percaya sama Tuhan, tapi untuk mengahadapi hal-hal sekitar seperti penerimaan informasi, pengambilan keputusan atau mengatur rencana dan stategi, semua harus berlandaskan data. Nah, perusahaan semakin butuh orang-orang yang bisa mengolah dan membaca data.  
  6. Administrator Sistem Jaringan dan Komputer : diperediksi meningkat 8% setiap tahun Gaji pertahun: US$77.810 (data 2016 di AS) Saat ini, tren cloud computing atau komputasi awan sudah banyak dipakai di berbagai perusahaan. Apa iu komputasi awan? Intinya, perusahaan nggak perlu beli banyak softwares untuk menjalankan sebuah sistem. Mereka cukup menyewa per bulan lewat internet. Nah, tuntutan pekerja di bidang ini otomatis terus meningkat. Mereka yang punya kemampuan untuk mengerti jaringan dan sistem komputer jadi banyak dibutuhkan.


CONTOH KASUS :

    Dampak perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan terhadap kelangsungan hidup manusia mencakup aspek kehidupan. Contohnya : Sandang, Papan dan Pangan, Teknologi dan ilmu alamiah tidak hanya meningkatkan kualitas tetapi juga kuantitas sandang dan papan, sementara untuk pangan teknologi dan ilmu alamiah dapat meningkatkan produksi dengan dibuatnya bibit unggul yang berumur singkat dengan produksi yang tinggi, terhadap sumber daya alam, kemajuan teknologi memberikan sumbangan dalam mencari alternatif lain, pengganti sumber energi, yang semakin terbatas jumlanya.
    Contoh kasus dampak positif teknologi adalah dalam perkembangan media komunikasi menjadi sebuah global village (desa global). Konsep yang dijelaskan oleh Marshall McLuhan memaparkan bahwa tidak ada lagi pembatasan, baik dari sisi waktu maupun tempat dalam komunikasi. Contohnya seperti sejauh apapun jarak dan perbedaan waktu antara kita dengan orang lain, semuanya akan sangat mudah ditempuh dengan berbagai teknologi, khususnya internet. Walaupun terpisah benua, seseorang dapat melakukan komunikasi tatap muka melalui sosial media yakni salah satunya Skype. Kemajuan tersebut tentunya akan membawa dampak pada kehidupan masyarakat. Contoh lainnya adalah, salah satu pulau di Indonesia yaitu Pulau Komodo berhasil dinobatkan sebagai 7 Keajaiban Dunia oleh UNESCO. 
   Contoh kasus dampak negatif teknologi adalah salah satunya penipuan, hacking, perjudian, parnografi, carding, spyware, data forgercy dan lain-lain. Bila dilihat dari sisi negatifnya, kemajuan teknologi ini membuat orang menjadi malas untuk berkomunikasi secara langsung. Orang lebih memilih berinteraksi melalui handphonenya ketimbang berkomunikasi dengan orang disekitarnya. Contoh, seorang anak sibuk ber-chatting dengan teman melalui handphone miliknya ketimbang berbicara dengan saudaranya saat acara keluarga sedang berlangsung. Kadang kemajuan teknologi ini juga membuat seseorang menjadi kurang peka dengan ekspresi saat sedang berkomunikasi dengan lawan bicaranya. 
     Dan contoh kasus negatif lainya seperti Data Forgery; Kejahatan jenis ini dilakukan dengan tujuan memalsukan data pada dokumen-dokumen penting yang ada di internet. Dokumen-dokumen ini biasanya dimiliki oleh institusi atau lembaga yang memiliki situs berbasis web database. Contoh Kasus :  Data Forgery Pada E-Banking BCA Dunia perbankan melalui Internet (e-banking) Indonesia, dikejutkan oleh ulah seseorang bernama Steven Haryanto, seorang hacker dan jurnalis pada majalah Master Web. Lelaki asal Bandung ini dengan sengaja membuat situs asli tapi palsu layanan Internet banking Bank Central Asia, (BCA). Steven membeli domain-domain dengan nama mirip www.klikbca.com (situs asli Internet banking BCA), yaitu domain www.klik-bca.com,www.kilkbca.com, www.clikbca.com, www.klickca.com. Dan www.klikbac.com. Isi situs-situs plesetan inipun nyaris sama, kecuali tidak adanya security untuk bertransaksi dan adanya formulir akses (login form) palsu. Jika nasabah BCA salah mengetik situs BCA asli maka nasabah tersebut masuk perangkap situs plesetan yang dibuat oleh Steven sehingga identitas pengguna (user id) dan nomor identitas personal (PIN) dapat di ketahuinya. Undang-Undang : Pasal 23 (2): Pemilikan dan penggunaan nama domain sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) wajib didasarkan pada itikad baik, tidak melanggar prinsip persaingan usaha secara sehat, dan tidak melanggar hak orang lain. (Tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) hanya dapat dituntut atas pengaduan dari orang yang terkena tindak pidana) ( Pidana enam bulan atau denda Rp 100 juta) Pasal 27 (2): Setiap orang dilarang menggunakan dan atau mengakses komputer dan atau sistem elektronik dengan cara apapun tanpa hak, untuk memperoleh, mengubah, merusak, atau menghilangkan informasi milik pemerintah yang karena statusnya harus dirahasiakan atau dilindungi.( Pidana 20 tahun dan denda Rp 10 miliar).
                   
                                          
 TREND SI / TI DALAM BIDANG BISNIS


Pengertian bisnis

     Bisnis adalah usaha perdagangan yang dilakuin oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen .

      Perusahaan barsifat dinamis mengalami kemajuan dan kemunduran pada saat bergerak melalui siklus hidupnya. Perubahan atas kondisi ekonomi dan pasar memerlukan pemikiran kembali atas strategi perusahaan metode dan sarana yang digunakan untuk menghadapinya.

Tujuan Bisnis

     Setiap bisnis atau perusahaan berusaha ngolah bahan untuk dijadiin produk yang dibutuhkan oleh konsumen, produk dapat berupa barang atau jasa.Tujuannya adalah unruk mendapatkan laba atau keuntungan, yakni imbalan yang diperoleh oleh perusahaan dari penyediaan suatu produk bagi konsumen.

TEKNOLOLOGI  INFORMASI DAN DUNIA BISNIS

     Teknologi informasi Istilah TI (Teknologi Informasi) atau IT (Information Technology) yang populer saat ini adalah bagian dari mata rantai panjang dari perkembangan istilah dalam dunia SI (Sistem Informasi) atau istilah IS ( Information System ). Istilah TI memang lebih merujuk pada teknologi yang digunakan dalam menyampaikan maupun mengolah informasi, namun pada dasarnya masih merupakan bagian dari sebuah sistem informasi itu sendiri.        
     Sistem Informasi Bisnis, yaitu merupakan kumpulan dari berbagai informasi yang memiliki kesatuan antara satu dan yang lainnya yang ditujukan untuk kepentingan bisnis. Dalam mendukung penyampaian suatu informasi maka dimanfaatkanlah teknologi informasi, yang menggunakan teknologi computer sebagai media utama dalam penyampaian informasi. Istilah ini merupakan perngembangan dari istilah Sistem Informasi ( information system ). Semakin tinggi kualitas teknologi informasi yang digunakan maka tingkat efektfitas dan efisiensi nya semakin baik. Elemen dan sistem bisnis menurut sumber dayanya yaitu :  Sumber daya Materi, Sumber daya Manusia,  Sumber daya Keuangan, dan Sumber daya Keterampilan Manajemen.

     Dengan kemajuan teknologi  sangat berguna bagi kemajuan dan kesejahteraan kehidupan manusia. Salah satu bukti nyata tentang kemajuan teknologi sangat terasa di bidang IT atau teknologi informasi. Berikut ini adalah beberapa kegunaa TI/SI dalam bidang bisnis:
  1. Munculnya peluang bisnis baru (E-business), dengan semakin majunya teknologi dan informasi akan mendorong beberapa orang untuk menciptakan beberapa peluang yang sangat menguntungkan dan sebagai modal bisnis yang sangat menguntungkan. Contohnya pemanfaatan kemajuan teknologi dan komunikasi adalah google. Di mana search engine google banyak digunakan untuk mencari sesuatu di internet dan perusahaan google akan mendapatkan banyak keuntungan. 
  2. Mengurangi biaya produksi dan operasional, kemajuan teknologi dan informasi dapat membantu perusahaan dalam mengurangi biaya produksi sehingga perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang besar dengan mengeluarkan pengeluaran yang sedikit. dan mengurangi operasional sehingga perusahaan dapat menambah jumlah produksi di setiap barang produksinya.  
  3. Mempermudah proses komunikasi dan monitoring setiap karyawan, mempermudah proses komunikasi dan monitoring setiap karyawan yang bekerja, sehingga karyawan tidak perlu repot-repot datang ke ruang rapat dan berkumpul bersama, dan bisa melakukan teleconference untuk saling berkomunikasi mengenai beberapa ide. Hal tersebut membuat rapat menjadi lebih praktis dan juga dapat mengawasi kinerja para karyawan.  
  4. Akses informasi dan penyebaran informasi, mempublikasikan berita melalui internet dapat tersebar luas dengan cepat dibandingankan dengan enggunakan fax atau pos. Kita dapat menyebar luaskan informasi ke seluruh dunia dan dapat berinteraksi langsung melalui komputer. 
  5. Komunikasi yang cepat, fasilitas yang ada di internet banyak membuktikan kecepatanya berkomunikasi dengan orang yang dituju, seperti E-mail yang telah banyak digunakan untuk mengirim dan menerima dokumen. Chat atau video conferencing juga mempercepat komunikasi. 
 
PROSEDUR PENDIRIAN BISNIS, KONTRAK  KERJA, DAN PROSEDUR PENGADAAN


Prosedur pendirian bisnis :
  • Tahap pengurusan izin pendirian : ditahap ini kita harus mengurus izin untuk mendirikan sebuah bisnis atau usaha dengan mengumpulkan semua dokumen-dokumen yang diperlukan dalam mendirikan bisnis atau usaha. Diantara dokumen-dokumen tersebut adalah : Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Bukti Diri, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) yang didapatkan dari Departemen Perdagangan, Surat Izin Usaha Industri (SIUI) yang didapatkan dari Departemen Perindustrian, Suat Izin Mendirikan Bangunan (IMB), dan beberapa dokumen lainnya.
  • Tahap pengesahan menjadi badan hukum : tidak semua badan usaha memerlukan badan hukum, akan tetapi jika lebih baik usha tersebut mempunyai badan hukumnya. Pengakuan badan hukum bisa didasarkan pada Kitab Undang-undang Hukum Dagang (KUHD), hingga Undang-undang Penanaman Modal Asing (UU PMA).
  • Tahap penggolongan menurut bidang yang dijalani : dalam tahap ini, bissnis atau badan usaha tersebut dibagi dalam berbagai kelompok jenis berdasarkan jenis yang dijalani. Berdasarkan jenis tersebut pengurusan surat izin sesuai dengan departemen yang menaunginya, seperti Perdagangan, Perindustrian, Perikanan, dll.
  • Tahap mendapat pengakuan, pengesahan izin dan izin dari departemen lainnya : setelah mendapat izin dari departemen yang menanuginya, kemudian bisnis atau badan usaha tersebut harus mendapatkan izin juga dari departemen lainnya. Seperti izin dari BP POM, MUI (untuk mendapatkan kategori halal), dll. 

Kontrak Kerja 

      Kontrak merupakan perjanjian yang bentuknya tertulis. Jadi Kontrak kerja adalah suatu perjanjian antara pekerja dan pengusaha secara lisan dan/atau tulisan, baik untuk waktu tertentu maupun untuk waktu tidak tertentu yang memuat syarat-syarat kerja, hak dan kewajiban. Dalam suatu kontrak bisnis, ikatan kesepakatan dituangkan dalam suatu perjanjian yang bentuknya tertulis. Hal ini untuk kepentingan kelak, jika dikemudian hari terjadi sengketa berkenaan dengan kontrak itu sendiri, maka para pihak dapat mengajukan kontrak tersbut sebagai salah alat bukti. Kontrak di Indonesa diatur dalam Kitab Undang -undang Hukum Perdata (KUHPerdata) Buku III tentang Perikatan. Perikatan dapat lahir dari perjanjiandan undang-undang. Perjanjian itu sendiri meliputi perjanjian yan g bentuknyatertulis (kontrak) dan perjanjian lisan. Dari uraian singkat tersebut terlihatbahwa kontrak dengan perikatan memiliki kaitan, yaitu bahwa kontrak merupakan salah satu sumber dari perikatan.

Prosedur Pengadaan
Prosedur pengadaan terdiri dari prosedur pengadaan tenaga kerja dan prosedur pengadaan barang dan jasa.

Prosedur Pengadaan Tenaga Kerja
Perencanaan Tenaga Kerja. Perencanaan tenaga kerja adalah penentuan kuantitas dan kualitas tenaga kerja yang dibutuhkan dan cara memenuhinya.Penarikan Tenaga Kerja Penarikan tenaga kerja diperoleh dari dua sumber, yaitu sumber internal dan sumber eksternal. Sumber internal yaitu menarik tenaga kerja baru dari rekomendasi karyawan lama dan nepotisme, berdasarkan sistem kekeluargaan, misalnya mempekerjakan anak, adik, dan sebagainya. Seleksi Tenaga Kerja ada lima tahapan dalam menyeleksi tenaga kerja, yaitu;
  1. seleksi administrasi, 
  2. tes kemampuan dan psikologi, 
  3. wawancara,
  4. tes kesehatan dan referensi (pengecekan). 
  5. Penempatan Tenaga Kerja Penempatan tenaga kerja adalah proses penentuan jabatan seseorang yang disesuaikan antara kualifikasi yang bersangkutan dengan job specification-nya.
  
APLIKASI BISNIS TEKNOLOGI INFORMASI
  
ASPEK PEMASARAN
     Pengertian Pemasaran, Pemasaran adalah kegiatan pemasaran untuk jalanin bisnis (profit/nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan jasa, netapin harga, mendistribusikan, serta promosiin melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
Analisis situasi pasar 
  • Perencanaan Barang (Product), Atribut – atribut produk adalah sesuatu yang melengkapi manfaat utama produksi sehingga mampu lebih memuaskan konsumen.
  • Penetapan Harga (Price) Harga adalah nilai pertukaran atas manfaat produk (bagi konsumen maupun bagi produsen) yang umumnya dinyatain dalam satuan moneter (rupiah, dollar, yen, ruppe, dan sebagainya).
  • Program Promosi (Promotion), Promosi adalah pesan yang dipromosiin langsung kepada calon pembeli melalui berbagai unsur yang terdapat dalam program promosi.
  •  Saluran Distribusi (Place), Salah satu keputusan yang sangat penting sebelum memulai usaha adalah memilih lokasi yang tepat dan strategis sebagai usaha.  
Segmentasi pasar

     Segmentasi pasar adalah proses membagi –bagi pasar yang semula heterogen menjadi beberapa kelompok pasar yang sekarang sikapnya lebih seragam. Tujuan segmentasi pasar adalah untuk memperoleh bagian pasar yang mempunyai karakter dan perilaku yang lebih seragam.  

Strategi promosi

    Promosi adalah pesan yang dibicarakan  langsung kepada calon pembeli melalui berbagai unsur yang terdapat dalam program promosi. Kegiatan promosi dapat berupa : Iklan (menginformasikan produk pada masyarakat),Penjualan langsung (langsung ke konsumen), Promosi penjualan (untuk membeli lebih banyak produk),Hubungan masyarakat (citra baik tentang produk Publikasi (promosi gratis)


PROSES DAN STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS TEKNOLOGI INFORMASI


     Dasar Perencanaan, Proses perencanaan dapat dilaksanakan menyeluruh, misalnya dalam perencanaan korporat, perencanaan strategis, atau perencanaan jangka panjang. Bisa juga dilakukan per divisi atau unit bisnis stategis menjadi rencana divisi atau anak perusahaan tertentu yang lebih besar. Menurut O’Brien (2005), peran strategis sistem informasi dalam organisasi adalah memperbaiki efisiensi operasi, meningkatkan inovasi organisasi dan membangun sumber daya informasi yang strategis.
   Tantangan Implementasi Pada bahasan ini, kita membahas mengenai  tantangan implementasi bisnis kepada pengembangan system. Kata implementasi bermuara pada aktivitas, adanya aksi, tindakan, atau mekanisme suatu sistem.
Masalah yang dihadapi dalam implementasi tersebut biasanya adalah sebagai berikut :
  • Pengguna tidak mengetahui kemampuan teknologi yang dapat digunain untuk bantu proses bisnis yang dikerjakannya setiap hari, dan pada tahap analisa developer juga tidak mengetahui benar-benar proses bisnis yang berlangsung atau juga karena standard dari developer yang kurang dalam membuat program sehingga program yang dihasilin adalah program yang baik. 
  • Kedua belah pihak tidak memahami asumsi dan ketergantungan yang ada dalam system dan bisnis proses, sehingga pada tahap implementasi jika ada bagian dari proses bisnis yang belum di cover oleh system dan kemudian dibuatkan fungsi baru yang ternyata menimbulkan masalah.
  • Dalam implementasi system terintegrasi, dimana pengguna tidak dapat menjadikan implementasi sebagai prioritas pertama, dimana pengguna yang sudah disibukkan dengan kegiatan operasional akan berpura-pura menyetujui, menjalankan dan mengikutinya tetapi pada kenyataannya semuanya tidak berjalan sesuai dengan harapan. Akan membutuhkan CETL yang lama jika dijadikan sebagai resource untuk aplikasi BI.
     Pengembangan Sistem Bisnis, Sistem Informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dengan aktivitas orang/user, yang menggunakan teknologi itu, untuk mendukung operasi dan manajemen. Jadi, bisa dipastiin bahwa semua perusahaan butuh. Nah, ketika kita membicarakan perusahaan, maka kita akan berbicara juga mengenai profit. Dan manakala kita membicarakan profit, otomatis kita pasti akan juga membicarakan manajemen. Karena dengan manajemen yang baik, pastinya akan menghasilkan profit yang baik juga. Itulah peluang yang sangat besar jika kita mulai melihat Pengembangan Sistem Informasi sebagai proyek bisnis kita kelak.

Aturan dasar SI pada Bisnis

Ada tiga aturan vital agar sistem informasi untuk perusahaan bisnis, yaitu:

- Dukungan terhadap proses dan operasi bisnis.
- Dukungan terhadap pengambilan keputusan oleh pegawai dan manajer.
- Dukungan strategi untuk keunggulan bersaing.

ATURAN E-BUSINESS PADA BISNIS


1.   Komunikasi

     Dengan komunikasi adalah adanya fasilitas atau media yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi, layanan, transaksi elektronik (pemesanan dan pembayaran secara elektronik) dan perpindahan barang dari penjual ke pembeli. Media komunikasi yang memadai yang bisa mempertemukan pelaku e-Business menjadi syarat utama terselenggaranya.

2.  Komersial (Perdagangan)
     
     Sisi komersial yang disyaratkan pada e-Business adalah adanya sistem untuk melakukan transaksi online mulai dari promosi barang, pemesanan barang, pembayaran dan pengiriman barang. Pembeli barang memesan barang tidak memerlukan melihat barang secara langsung tetapi melalui gambar atau spesifikasi yang tercantum dalam website. Sedangkan untuk pemesanan, sistem shopping online terhubung dengan sistem inventory untuk mengetahui stock barang sehingga barang yang dibeli memang ada. Untuk pembayaran, sistem shopping online harus terhubung dengan otoritas pembayaran misalnya bank atau penyedia kartu kredit agar nilai yang dibayarkan oleh pembeli berasal dari alat pembayaran yang sah dan memiliki nilai yang cukup.
 
3.  Proses Bisnis

    Setiap pelaku e-Business yang ingin melalukan transaksi elektronik dan mendapatkan manfaat semaksimal mungkin dari e-Business harus melakukan optimalisasi proses bisnis internal dengan memanfaatkan teknologi informasi agar aliran informasi, transaksi, maupun lama pengiriman barang menjadi dipersingkat,
biaya transaksi menjadi lebih ekonomis jika dibandingkan dengan perdagangan yang dilakukan secara tradisional.

4.  Layanan

     Bagi setiap institusi yang menjadi pelaku e-Business, penggunaan teknologi informasi dan internet seharusnya menjadikan layanan ke customer menjadi lebih baik, lebih ekonomis, dan lebih terjangkau. Misalnya, dimensi barang yang ditawarkan beserta spesifikasinya bisa diperiksa lebih seksama sebelum dibeli (diakses melalui website), tidak diperlukan toko secara fisik, dan bisa diakses dari mana saja dengan menggunakan internet. Bahkan dengan sistem informasi, customer bisat dilayani secara khusus dan personal karena data-data aktifitas customer direkam dan bisa dilakukan analisis untuk meningkatkan pelayanan.
 
5.  Learning

    Untuk meningkatkan ”awareness” baik diantara pengguna maupun pelaku e-Business, proses edukasi sangat penting agar semakin banyak anggota masyarakat yang menyadari manfaat dan kelebihan dari transaksi online. Perbedaan dengan transaksi tradisional adalah pembeli dan penjual tidak perlu belajar sebelum melakukan transaksi sedangkan transaksi online karena pengguna maupun pelaku tidak berhadapan dengan manusia tetapi dengan mesin komputer maka diperlukan proses edukasi agar mereka bisa menggunakan fasilitas atau media transaksi dengan lancar.

6.  Kolaborasi

     Satu siklus transaksi online antara penjual dan pembeli melibatkan stakeholder lain yang harus berkolaborasi untuk menyelesaikan transaksi tersebut. Pada saat pembayaran maka akan terjadi kolaborasi antara penyedia shopping online dengan bank atau penyedia kartu kredit untuk menyelesaikan proses pembayaran. Setelah dibayar maka terjadi kolaborasi antara penyedia shopping online dengan gudang, dan jasa pengiriman barang untuk mengantarkan barang sampai ke pembeli. Pihak lain yang juga terlibat adalah pihak asuransi untuk melakukan penjaminan transaksi maupun atas barang yang dikirim. Kolaborasi yang terjadi dalam e-Business.

7.  Komunitas

    Dalam dunia maya WWW (world wide web) komunitas merupakan salah satu indikator untuk mengukur aktifitas pengguna. Dalam e-Business, komunitas merupakan media yang cukup penting untuk belajar dan memperbaiki diri secara terus menerus baik dari sisi pelaku maupun pengguna dalam hal produk, layanan, maupun mekanisme transaksi.


REFERENSI 
  • http://oasisbiru.blogspot.com/2013/01/api-application-programming-interface.html (diakses tanggal 20/11/2016)
  • https://kuliahapi.wordpress.com/2013/09/29/konsep-api-programming/ (diakses tanggal 20/11/2016)
  • http://tech.dbagus.com/perkembangan-robot-di-dunia (diakses tanggal 21/11/2016)
  • http://ard-robotik.blogspot.co.id/2013/11/jenis-jenis-robot.html (diakses tanggal 21/11/2016)
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Robot_humanoid (diakses tanggal 21/11/2016)
  • http://www.youthmanual.com/post/dunia-kerja/karier/6-pekerjaan-di-bidang-teknologi-yang-bakal-banyak-dibutuhkan-di-masa-depan (diakses tanggal 22/11/2016)
  • https://niaas8.wordpress.com/2012/04/05/maraknya-kejahatan-didunia-maya/ (diakses tanggal 22/11/2016)
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Perkembangan_Teknologi_Komunikasi_di_Masyarakat_Indonesia
    (diakses tanggal 22/11/2016)
  • http://www.kompasiana.com/emijulaikah/manfaat-teknologi-informasi-di-bidang- bisnis_57492108337b61ad0f7fa86a (diakses tanggal 22/11/2016)
  • http://z03lf1k4r.blogspot.co.id/2014/05/pertemuan-3-aspek-bisnis-di-bidang.html (diakses tanggal 22/11/2016)
  • http://ria-ajah.blogspot.com/2011/04/prosedur-pengadaan-kontrak-bisnis-pakta.html (diakses tanggal 24/11/2016)
  • http://standbydream.blogspot.co.id/2014/10/pengembangan-bisnisstrategi-solusi.html (diakses tanggal 26/11/2016)

Komentar